PORTAL SERTIFIKASI PENDIDIK UNTUK DOSEN TAHUN 2018
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

HomeLogin

Suara Anda

Halaman: 123456789101112131415161718192021222324252627282930313233343536373839404142434445464748495051525354555657585960616263646566676869707172
MILA KARMILA . P . alim_kar[at]yahoo[dot]com
Assalamu alaikum Wr.Wb Yth Panitia Serdos saya salah satu staf pengajar di Unissula Semarang beberapa waktu yang lalu saya mengikuti sertifikasi dosen, kemudian dikarena pada saat ujian TOEFL dan TPA sy kebetulan tidak di Indonesia sehingga tes TOEFL dan TPA Saya ikut yang gelombang kedua sekitar bulan november, hari ini saya dikabari oleh panitia di Unissula untuk mengecek hasil serdos saya dan jawabannya adalah "maaf anda belum mempunyai nomer peserta untuk sertifikasi dosen" setahu saya semua kelengkapan sudah saya penuhi, mohon penjelasan atas semua permasalahan tersebut di atas.
Wassalamu alaikum Wr.Wb
Kamis, 09 Januari 2014 11:00:57
JULIANUS JEKSEN . L . julianus_jeksen[at]yahoo[dot]com
kepada Yth Panitia Serdos
kami dari univ flores di NTT blum bisa melihat hasil krn PDPT baru mencapai 87.5 %
menurut pihak kampus smuanya sudah di perbaiki, tapi sampai saat ini kami masih blum bisa lihat hasilnya. mohon bantuannya agar nasib kami tidak terkatung-katung.trimakasih
Rabu, 08 Januari 2014 19:56:45
DAYU SRI HERTI . P . signis22[at]yaoo[dot]com
dengan Hormat,
kami mewakili Polimedia ingin menanyakan sosialisai mengenai BKD
bagaimana dengan sosialisasi di Polimedia

terimaksih
Rabu, 08 Januari 2014 13:29:02
TITO PRAYITNO . L . prayitnotito[at]gmail[dot]com
Mohon maaf, bagi yang belum lulus persiapkan dengan matang, terutama di karya tulis dan deskripsi diri, karena penilaian di kedua hal itu sangat teramat subyektif, jadi harus benar-benar mengena di hati asessor, di samping itu berdoa kepada Yang Maha Segalanya, karena makin tahun kriteria penilaian makin diperketat...
Rabu, 08 Januari 2014 11:12:51
Kalo penilaian subyektif,...pada pont tersebut berarti,..ya gak valid dong tuh yang namanya penilaian SERDOS,...soalnya tergantung suasana hati si penilai ketika membaca/meneliti deskripsi diri yang sudah kita buat,...
EKO PRAMONO . Rabu, 08 Januari 2014 16:40:48
Maksudnya bukan subyektif yang demikian, melainkan bagaimana sih kalo kita disuruh menilai karya tulis, mungkin dua orang disuruh menilai satu karya tulis hasilnya tak akan sama, beda halnya jika menilai hasil hitung hitungan, atau benar salah, atau pilihan ganda. Deskripsi diri dan karya tulis kan penilaiannya sangat relatif, bisa saja dua asesor menilainya berbeda. Jadi bukan suasana hati dalam artian perasaan yang dimaksud, melainkan kesamaan persepsi.
TITO PRAYITNO . Rabu, 08 Januari 2014 17:37:02
DEDE SUHARNA . L . karangmunggaran[at]yahoo[dot]co[dot]id
kepada YTH diktendik, saya menanyakan kapan pengumuman kelulusan serdos bagi PT dalam status binaan, padahal setelah saya konfirmasi ke PT (043064) sudah melakukan verifikasi dan statusnya sudah dibuka/bukan binaan lagi)
Rabu, 08 Januari 2014 11:02:02
Sama halnya dengan PT Kami, walau statusnya bukan binaan lagi (sudah dibuka) tetapi belum dapat melihat hasil serdos.... Kepada yth Panitia Serdos dan Diktendik mohon bantuannya....Terimakasih
BUDI DHARMA . Rabu, 08 Januari 2014 19:06:17
MINTASIH INDRIAYU . P . mientasihindriayu[at]yahoo[dot]com
Setelah pengumuman kelulusan serdos, kok gak ada kabar lanjutannya ya? Masih nunggu berapa bulan lagi nih pencairan serdosnya?
Selasa, 07 Januari 2014 12:11:54
HAFID ZAKARIYA . L . sglfh[at]yahoo[dot]com
Bagi kawan2 dari kopertis wil X kayaknya banyak bersabar, sampai saat ini blm ada info.
Selasa, 07 Januari 2014 11:14:27
User Turunan ptps_anang . P . ria_kusuma08[at]yahoo[dot]com
Yth. Tim Serdos Dikti
Pencetakan sertifikat pendidik serdos 2013 seharusnya sudah bisa dilakukan, tapi mengapa sampai sekarang sertifikat belum bisa dicetak, mohon informasi yah pak.

Ria_PTPS Univ. Jember
Selasa, 07 Januari 2014 08:29:38
iya kita sama sama menunggu.. krn lm mendapatkan informasi yang jelas
DELTARI NOVITASARI . Rabu, 08 Januari 2014 08:54:56
sudah bisa dicetak, kecuali dikarenakan PTU
DYS blm melaporkan data 2012 ke PDPT minimal 90% tidak bisa dicetak. atau bisa dilihat kalau No. Register dan tanggal sertifikat sudah ada nomernya itu yang bisa dicetak. mungkin itu yang bisa kami informasikan karena kami dulu juga mengalami kasus serupa.
Universitas Brawijaya . Rabu, 08 Januari 2014 10:32:34
PTU Universitas Jember PDPT nya sudah 99% kok pak, tp tetep aja, sampai hari ini blm bs dicetak.
User Turunan ptps_anang . Kamis, 09 Januari 2014 07:56:36
kepada Universitas Brawijaya,mungkin kami boleh tau,bagaimana cara/prosedurnya utk proses cetak sertifikat kalau memang sudah bisa???karena stlh pengumuman lulus kmrn,tidak ada informasi lebih lanjut lagi.terimakasih sebelumnya
YELFIARITA . Jumat, 10 Januari 2014 00:56:27
SRI KARNILA . P . srikarnila[at]gmail[dot]com
Yth Panitia Serdos,
Mohon informasi sehubungan dengan pengumuman hasil serdos yang hingga kini masih tertulis "Laporan Perguruan Tinggi Saudara ke PDPT untuk periode 2012 semester 2 saat ini baru mencapai 87.5 % (belum mencapai 90%). Pengumuman hasil Serdos 2013 akan ditunda sampai dengan perguruan tinggi Saudara melakukan pelaporan ke PDPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan"
Menurut pihak kampus hal ini sudah diselesaikan. Atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan terima kasih.
Selasa, 07 Januari 2014 08:03:49
Panitia serdos saya dosen STIE KusunaNegara a.n Firmansyah ikut serdos tahun 2013 Sie I sampai sekarang belum keluar kelulusan saya dikarenakan 87.5 % harus ada 2.5 % lagi jadi 90 % minimal untuk laporan PDPT semester 2 Tahun 2012 sedang saya mantan pegawai Dikti pernah menjadi staf pengrusan Serdos di pimpin oleh Pak Winarno sekarang jadi Kasubdit Tenaga dan Tenaga Pendidikan mohon penjelasannya kami tunggu jangan terlalu lama karena hasil kelulusan saya tidak ragu lagi apakah lulus atau tidak wassalam
FIRMANSYAH . Senin, 13 Januari 2014 10:54:23
SAMBAS PRABAWA . L . sambasprabawa[at]yahoo[dot]co[dot]id
Mengenai jadwal ulang TOELF dan TPA tgl 12 November 2013 tidak ada pemberitahuan pada saya, disamping itu saya gak sempat buka WEBSITE sedang Evaluasi Diri udh lengkap terisi, jadi hasil DYS tidak bisa diproses. Untuk itu mohon kebijakan kapan saya bisa diikutsertakan lagi Tes TOEF dan TPA saya menunggu informasi selanjutnya. Terima kasih.
Senin, 06 Januari 2014 23:47:55
MUHAMMAD BULA . L . muhammadbula[at]gmail[dot]com
yth panitia serdos tahun 2013. saya peserta serdos gel. II tahun 2013. setelah melihat hasil akhir dilaman sebagai peserta tidak menyatakan lulus atau tidak lulus, tapi "menunggu diproses PTPS, tidak ada nilai TKDA atau TKBI". Saya mohon penjelasannya terkait maksud dari hasil akhir yang saya peroleh ?
Senin, 06 Januari 2014 12:31:47
User Turunan Husni Friady . L . husni_friady[at]unsyiah[dot]ac[dot]id
Yth. Panitia Pusat Serdos
Bersama ini kami ingin menanyakan, apakah memang sertifikat lulusan Gelombang I Serdos 2013 belum bisa dicetak? Mohon pencerahannya, terimakasih.
Senin, 06 Januari 2014 08:55:34
Setuju... tidak ada informasi lanjutan ya???
FIRMAN ARYANSYAH . Senin, 06 Januari 2014 22:46:10
KARTIKA IMAM SANTOSO . L . kartikaimams[at]gmail[dot]com
Yth Panitia Serdos,
Mohon informasi sehubungan dengan pengumuman hasil serdos yang hingga kini masih tertulis "Laporan Perguruan Tinggi Saudara ke PDPT untuk periode 2012 semester 2 saat ini baru mencapai 87.5 % (belum mencapai 90%). Pengumuman hasil Serdos 2013 akan ditunda sampai dengan perguruan tinggi Saudara melakukan pelaporan ke PDPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan"
Menurut pihak kampus hal ini sudah diselesaikan. Atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan terima kasih.
Senin, 06 Januari 2014 07:50:27
BURHANUDIN . L . burhanudin_mtr[at]yahoo[dot]com
Alhamdulillah setelah menunggu sekian lama, karena nama selalu tidak mucul saat pengumuman perserta serdos untuk memperoleh password... begitu pula Oktober 2013 nama sempat berstatus belum valid, namun akhirnya dengan kesabaran pada saat pengumuman akhirnya dinyatakan LULUS. Ya Allah berkahilah rezeki hambaMu ini untuk jalan kebaikan yang Engkau ridhoi.......amin
Sabtu, 04 Januari 2014 18:47:15
SELVANA STIEN TULANDI . P . selvanatulandi[at]yahoo[dot]co[dot]id
terlambat mengetahui hasil karena data pdpt 2012 1 dan 2. mohon bantuan panitia serdos 2013 atau rekan-rekan, gimana mendapatkan informasi hasil (nilai) yang saya peroleh sehingga dinyatakan tidak lulus. sy telah berusaha mengikuti standar pengisian sesuai bidang ilmu yang saya tekuni. Mohon bantuannya terima kasih.
Sabtu, 04 Januari 2014 14:58:48
MUHAMMAD ALI GUNAWAN . L . guns12380[at]gmail[dot]com
Alhamdulillah....ya Rabb... Mudah2an Kelulusan Serdos ini akan semakin meningkatkan kinerja kita sebagai dosen....manfaat di dunia dan di akhirat. amin
Sabtu, 04 Januari 2014 12:12:02
BUDI DHARMA . L . budi_dharma[at]ymail[dot]com
Yth Panitia Serdos 2013
Mohon Bantuan !!!.... PT kami telah melakukan klarifikasi ke ditjen dikti dan layanan pdpt kami juga telah dibuka kembali, tetapi sampai saat ini saya belum dapat melihat hasil serdos pada portal serdos. Atas perhatian dan bantuan diucapkan terimakasih.
Sabtu, 04 Januari 2014 07:47:56
MARSELIUS SAMPE TONDOK . L . marseliustondok[at]yahoo[dot]com
Selamat tahun baru bagi rekan semuanya. Semoga tahun baru ini dapat menjadi berkah bagi kita semua.

Hasil serdos saya: ADTL Nilai DD Konsistensi. Jika saya boleh mengetahui lebih mendetail, di mana letak permasalahan konsistensi Deskripsi Diri saya.

Terima kasih bayak atas informasinya yang dapat menjadi masukan yang berharga bagi saya untuk proses Serdos selanjutnya.
Jumat, 03 Januari 2014 12:57:13
saya membaca DD teman saya yang tidak lulus dengan alasan konsistensi dan saya bandingkan dengan DD saya ( saya Lulus ) , menurut saya yang fatal mereka lakukan adalah pengisian antara riwayat hidup (RH) dengan DD tidak sama, disisi lain RH menulis tentang hasil penelitian tetapi di DD tidak dicantumkan mengenai penelitian tersebut., ada juga yang di DD menulis selalu membuat bahan atau buku ajar tapi di RH sedikit sekali bahan ajar yang dibuat.., , ini salah satu contoh tidak konsisten yg membuat teman2 banyak yang tidak lulus.., jd antara RH dan DD harus sama..
ARIS PALINGGI . Jumat, 03 Januari 2014 21:05:48
Terima kasih banyak (kurre sumanga) Pak Aris atas informasinya.
MARSELIUS SAMPE TONDOK . Sabtu, 04 Januari 2014 05:45:05
Konsisten ?
EKO PRAMONO . Rabu, 08 Januari 2014 16:49:22
TRI WIDODO . L . triwidodo864[at]yahoo[dot]com
Assalamualaikum Wr.Wb. Untuk sdr-sdr yg lulus serdos 2013, saya mau tanya ni, apa langkah selanjutnya yang harus kita lakukan setelah lulus serdos 2013, kebetulan alhamdulillah saya juga lulus, saya menunggu info kok belum ada info dari TPU ato Dikti, adakah/apakah syarat yang harus kita penuhi, mungkin dari sdr-sdr ada yang tau, tolong untuk diinfokan, makasih, Wassalam.
Jumat, 03 Januari 2014 11:04:57
LISDEWI MULIATI . P . muliatilisdewi[at]yahoo[dot]com
KAPAN LAGI?
Kesibukan sebagai dosen tetap membuat saya selalu lambat mendapat info, yang memang saya mengandalkan info dari perguruan tinggi tempat saya mengajar (TPU). Akibatnya, hasil serdos saya tertulis:
HASIL AKHIR:
Menunggu Diproses PTPS, Tidak ada nilai TKDA atau TKBI
Apakah itu berarti saya tidak lulus?
Kapan lagi ada tes toefel dan TPA atau apakah saya disertakan lagi sebagai DYS tahun 2014?
Kamis, 02 Januari 2014 20:53:04
LIZA YULIANTI . P . yuliantiliza[at]ymail[dot]com
Assalamualaikum wr.. wb...
kepada YTH. Bapak/Ibu yang menjadi panitia SERDOS 2013
perguruan tinggi saya telah mengkonfirmasi tentang Dosen yang memiliki NIP ganda, dan telah diurus semuanya, tetapi kenapa kelulusan SERDOS kami belum dibuka ya..? apalagi kira-kira yang menjadi kekurangannya.. mohon infonya dan terima kasih
wassalamualaikum wr.. wrb..
Kamis, 02 Januari 2014 12:31:21
DELTARI NOVITASARI . P . delta_loecoe[at]yahoo[dot]com
Pagi.. tolong informasinya. kenapa halaman SIPKD masih mainentence ya. jadi saya tidak bisa buka. apakah bagi Bapak/Ibu juga mengalami hal yang sama. terimakasih
Kamis, 02 Januari 2014 09:36:37
sayapun mengalami hal yang sama....kita sabar saja, bu...
CAHYO BUDI SANTOSO . Kamis, 02 Januari 2014 10:34:28
Laman SIPKD memang sedang maintenance s.d 5 Januari 2014. Hal ini sejalan dengan pemberitahuan sebelumnya di web bahwa pengisian SIPKD diperpanjang hingga 28 Februari 2014 dikarenakan akan dilakukan perbaikan server.
IMAS ROHMAWATI . Kamis, 02 Januari 2014 22:28:48
server ?
EKO PRAMONO . Rabu, 08 Januari 2014 16:50:49
MOEJIONO, MT . L . moejiono72_pip[at]yahoo[dot]co[dot]id
ditempat saya ada 10 orang dosen yang ikut serdos, 3 orang sudah berumur, 7 orang masih muda. ternyata yang berumur lulus semua, meskipun tes TOEP dan TPAnya gak dikerjakan sedangkan yang 7 orang tidak lulus. meski saya menerima apapun hasilnya tapi saya gak ngerti serdos itu tujuannya apa....
Kamis, 02 Januari 2014 08:42:12
Sesuai amanat UU NO14/2005 ttang Guru dan Dosen (UUGD), bahwa kedudukan guru dan dosen adalah tenaga profesional. Profesionalitas seorang guru dan dosen perlu dibuktikan dengan "mengantongi" sertifikat. Sertifikat tersebut diperoleh melalui "sergur" bagi guru dan "serdos" bagi kita dosen.
CAHYO BUDI SANTOSO . Kamis, 02 Januari 2014 10:42:05
kalau alasan tidak lulus krn Nilai gabungan,wajar yg berumur lulus pak meskipun TOEP dan TPA nya rendah,krn nilai gabungan itu terdiri dari 2 x nilai pangkat, 2 x nilai golongan, smntra TOEP dan TPA hanya 1x...uraian lengkap penilaian ada di Buku Panduan Serdos pak.
YELFIARITA . Sabtu, 04 Januari 2014 10:11:08
@YELFIARITA = Saya juga TIDAK LULUS dengan alasan NILAI GABUNGAN,..padahal saya mengerjakan TOEP dan TPA, pangkat saya ASISTEN AHLI, Golongan 3, Trus DESKRIPSI DIRI saya kerjakan dengan JUJUR, Kira-kira apa yg menyebabkan saya gak lulus SERDOS 2013 ?
EKO PRAMONO . Rabu, 08 Januari 2014 16:56:35
Mukhadiono . L . mukhadiono[at]gmail[dot]com
SELAMAT TAHUN BARU 2014
SUKSES SELALU
Rabu, 01 Januari 2014 19:41:25
RACHMA AGUSTINA . P . aulia_bunda[at]yahoo[dot]com
yth. panitia serdos, PTS saya sudah menyelesaikan laporan pdpt tapi tampilannya masih juga belum berubah dan saya belum bisa melihat hasil nya, mohon informasi selanjutnya. terimakasih...
Rabu, 01 Januari 2014 18:34:45
RACHMA AGUSTINA . P . aulia_bunda[at]yahoo[dot]com
yth. panitia serdos, PTS saya sudah menyelesaikan laporan pdpt tapi tampilannya masih juga belum berubah dan saya belum bisa melihat hasil nya, mohon informasi selanjutnya. terimakasih...
Rabu, 01 Januari 2014 18:34:43
RACHMA AGUSTINA . P . aulia_bunda[at]yahoo[dot]com
yth. panitia serdos, PTS saya sudah menyelesaikan laporan pdpt tapi tampilannya masih juga belum berubah dan saya belum bisa melihat hasil nya, mohon informasi selanjutnya. terimakasih...
Rabu, 01 Januari 2014 18:34:43
RACHMA AGUSTINA . P . aulia_bunda[at]yahoo[dot]com
yth. panitia serdos, PTS saya sudah menyelesaikan laporan pdpt tapi tampilannya masih juga belum berubah dan saya belum bisa melihat hasil nya, mohon informasi selanjutnya. terimakasih...
Rabu, 01 Januari 2014 18:34:42
YEFFRIANSJAH SALIM . L . yeffri_salim[at]yahoo[dot]com
Selamat tahun baru 2014 sukses selalu
Rabu, 01 Januari 2014 08:30:58
YEFFRIANSJAH SALIM . L . yeffri_salim[at]yahoo[dot]com
Selamat tahun baru 2014 sukses selalu
Rabu, 01 Januari 2014 08:30:58
SAORTUA MARBUN . L . saortuam[at]gmail[dot]com
Yth Panitia Serdos,
Mohon informasi sehubungan dengan pengumuman hasil serdos yang hingga kini masih tertulis "Laporan Perguruan Tinggi Saudara ke PDPT untuk periode 2012 semester 2 saat ini baru mencapai 87.5 % (belum mencapai 90%). Pengumuman hasil Serdos 2013 akan ditunda sampai dengan perguruan tinggi Saudara melakukan pelaporan ke PDPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan"
Menurut pihak kampus hal ini sudah diselesaikan. Atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan terima kasih.
Senin, 30 Desember 2013 00:22:03
Hal yang sama dengan kami...
ANDI PATOMBONGI . Senin, 30 Desember 2013 10:33:02
Yth. Panitia Serdos,
Terima kasih. Hari ini 31/12/2013 saya sudah bisa melihat pengumuman hasil serdos, dengan HASIL AKHIR LULUS. Syukur kepada TUHAN YESUS KRISTUS, atas berkat-Nya pada musim Natal dan Jelang Tahun Baru. Doa saya, Bapak dan Ibu di Dikti, Panitia Serdos, Para asesor diberkati dan diberi kebahagiaan.
SAORTUA MARBUN . Selasa, 31 Desember 2013 11:40:37
Hal yang sama, Alhamdulillah lulus...
ANDI PATOMBONGI . Rabu, 01 Januari 2014 07:06:52
KISWORO . L .
SELAMAT NATAL 2013 dan SELAMAT TAHUN BARU 2014
damai di hati, damai di bumi..

Selamat bagi teman-teman yang lolos serdos
dan bagi teman-teman yang belum lolos tetap semangat!

Terimaksih buat Dikti dan Assessor!

GBU
Jumat, 27 Desember 2013 20:24:43
DARNETTI . P . darnetti62[at]yahoo[dot]com
Yth, Panitia Serdos Gel I tahun 2013

Saya termasuk yang tidak lulus sertifikasi dengan ATDL : Nilai Gabungan. Apakah kita bisa melihat nilai tersebut, saya telah mencoba memasukan nilai taksiran kedalam formula nilai gabungan telah melebihi angka 4, dengan data golongan dan fungsional yang terbaru, yaitu golongan III/d dengan fungsional Lektor, Apakah dalam perhitungan nilai gabungan ini telah menggunakan data terbaru saya, mohon informasinya. Terima kasih
Jumat, 27 Desember 2013 13:25:54
@DARNETTI . P . = Saya juga bernasib sama pak darnetti, TIDAK LULUS dengan alasan NILAI GABUNGAN, Kalo menurut analisa saya, mungkin yang melakukan penilaian pada berkas kita lagi bad mood,...sehingga hasilnya tidak memuaskan,..
EKO PRAMONO . Rabu, 08 Januari 2014 16:59:44
BUDI DHARMA . L . budi_dharma[at]ymail[dot]com
Yth. Panitia Serdos Tahun 2013
Sebelumnya PT kami termasuk dalam pembinaan DIKTI terkait double status. Setelah dilakukan klarifikasi, akhirnya layanan PDPT kami telah dibuka kembali. Hal yang ingin saya tanyakan, mengapa untuk melihat hasil kelulusan serdos pada http://serdos.dikti.go.id dengan menggunakan akun masing-masing DYS hasilnya masih tetap belum dapat dilihat. Mohon Penjelasannya. Trims.
Jumat, 27 Desember 2013 08:23:11
SAINAL EDI KAMAL . L . sainalkamal[at]yahoo[dot]co[dot]id
Ass. War. Wab.
Kepada Yang Terhormat
Panitia Sedos Diktir Sesi I Tahun 2013
Saya termasuk Dosen yang tidak lulus Serdos dengan catatan kecil ATDL : Nilai Gabungan, yang jadi pertanyaan saya nilai mana yang kurang! saya harapkan kami yang tidak lulus diberikan info tentang kekurangan kami untuk penyempurnaan Serdos selanjutnya.
Terimakasih atas perhatiannya
Kamis, 26 Desember 2013 15:10:32
salah satu syarat lulus serdos
NGB = 2 (NAP) + 2 (NKP) + NPS + NBI + NPA : 7 > 4,0
ket:
NGB = Nilai Gabungan
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
rata rata DYS tidak lulus serdos karena kurang pada poin NBI dan NPA, silahkan introspeksi diri masing-masing untuk serdos kedepan...
ANDI PATOMBONGI . Jumat, 27 Desember 2013 09:47:48
NOVISRAYANI KESMAYANTI . P . noviekesmayanti[at]yahoo[dot]co[dot]id
YTh. Asesor dan teman-teman dosen

Mohon masukan/informasi/solusi/saran,
Saya mengikuti serdos kuota tambahan gelombang 2 tahun 2013. Saya mengetahui informasi bisa ikut serdos kuota tambahan gelombang 2 tahun 2013 dan mendapat akun untuk toefl dan TPA tanggal 21 november. Tanggal 22 november saya mendaftar toefl dan TPA online ke PLT Universitas Sriwijaya. Namun, sampai saat ini yang tertulis pada akun PTI saya untuk test toefl dan TPA adalah " belum terjadwal dan cetak kartu test ". Hal ini membuat saya sampai dengan batas akhir upload portofolio pada 26 november adalah belum berkesempatan test TPA dan toefl. Namun saya berhasil mengupload portofolio pada tanggal 26 November malam sebelum jam 21.00. Saat mengisi portofolio saya juga mencoba mengupload hasil test toefl saya yang saya lakukan pada tanggal 17 Desember 2011 dengan score 453, namun tidak bisa terunduh padahal sudah diperkecil resolusinya. Hasil serdos saya berbunyi " Menunggu diproses PTPS, tidak ada nilai TKDA dan TKBI ". Hasil serdos ini masuk akal, karena saya walau sudah mendaftar dan mencetak kartu test toefl/TPA, namun sampai hari ini dalam akun PTI saya tetap tertulis " Belum terjadwal dari PLT Universitas Sriwijaya ". Pada forum ini, saya mohon bantuan saran/informasi/solusi/input dari Bapak/Ibu Asesor dan teman-teman dosen sehubungan dengan permasalahan saya. Atas bantuan dan kerja samanya diucapkan terima kasih.Wass, selamat tahun baru.
Kamis, 26 Desember 2013 07:47:45
MUHAMMAD BASRI . L . bacibasri[at]yahoo[dot]com
Alhamdulillah, sy lulus. Semoga teman2 yang lain juga Lulus semua...amin
Rabu, 25 Desember 2013 07:15:42
Alhamdulillah, kenyataannya ada juga teman yang tidak lulus
RUSLANG T . Kamis, 26 Desember 2013 21:51:30
EKA ROKHMIATI WAHYU PURNAMASAR . .
Sy jg mengalami hal yg sama sistem yg error tapi di universitas Indonesia. Operator bilang sistem yg salah, sy hampir 30 menit berhenti tdk mengerjakan tes. Karena server mati hidup, mati Judy. Waktu itu Yaa banyak yg marah cuma mau bilang apa?? Hasilnya tdk bisa diganggu gugat.hanya sepintas.
Selasa, 24 Desember 2013 22:18:37
EKA ROKHMIATI WAHYU PURNAMASAR . .
Sy jg mengalami hal yg sama sistem yg error tapi di universitas Indonesia. Operator bilang sistem yg salah, sy hampir 30 menit berhenti tdk mengerjakan tes. Karena server mati hidup, mati Judy. Waktu itu Yaa banyak yg marah cuma mau bilang apa?? Hasilnya tdk bisa diganggu gugat.hanya sepintas.
Selasa, 24 Desember 2013 22:18:36
SUGENG MASHUDI . L . nershudi[at]gmail[dot]com
Mohon Info yang diwajibkan mengisi SIKPD? infonya maksimal pengisian tanggal 28 Desember 2013....baik mereka yang sudah Lulus SERDOS tahun lalu dan mereka yang baru LULUS tahun 2013 ini.
Selasa, 24 Desember 2013 11:50:19
katanya diperpanjang sampai 28 feb 2014. semuanya harus mengisi. saya jg belum mengisi.
DELTARI NOVITASARI . Selasa, 24 Desember 2013 11:52:09
semua dosen harus isi.., baik yang sdh lulus maupun yang belum.., batas waktu tgl 20 feb. 2014.., untuk info selengkapnya buka situs sipkd.dikti.go.id
ARIS PALINGGI . Selasa, 24 Desember 2013 18:40:16
setahu saya, yang wajib mengisi SIPKD bagi mereka yang telah mempunyai NIDN, baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum, mengenai pengisian SIPKD diperpanjang sampai dengan tanggal 28 Februari 2014, selengkapnya di sipkd.dikti.go.id
IRWAN SUGIARTO . Selasa, 24 Desember 2013 19:41:51
NURMILA DEWI . P . d3wi[dot]tania[at]gmail[dot]com
Ass. wr.wb
Yth. Panitia Serdos Dikti Sesi I Tahun 2013
Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak/ibu Panitia serdos dan kepada Bapak/Ibu Asesor. Meskipun saya belum lulus serdos tahun 2013, ATDL: NILAI GABUNGAN.
Saya bernasib sama dengan ibu Multiria. Dikarenakan telat mengupload SK Lektor saya, padahal TMT Lektor saya 01 Juni 2013. Menurut buku ii pedoman serdos:
NGB = 2 (NAP) + 2 (NKP) + NPS + NBI + NPA : 7 > 4,0
Jika SK Lektor saya dihitung maka:
NGB = 2 (5) + 2(4) + 6,5 + 1 + 3 : 7 = 4,1 artinya Lulus.
Saya memohon pertimbangan dan kebijakan Bapak/Ibu panitia serdos dikti untuk meninjau kembali ketidaklulusan saya. Mudah-mudahan mendapat jalan keluar yang baik. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nurmila Dewi
NIDN 0011057409
PoliteknikNegeri Lhokseumawe 005016
Senin, 23 Desember 2013 17:26:37
TEUKU ZULKARNAIN . L . t[dot]zulkarnain79[at]yahoo[dot]com
Ass. Yth. Panitia Serdos Dikti sesi I tahun 2013
Saya ingin menanyakan ketidaklulusan saya ADTL: Deskripsi Diri. Saya bingung point DD saya yang mana yang menyebabkan kegagalan saya. Agar saya dapat memperbaiki untuk keikutsertaan tahun berikutnya. Terima Kasih.

Hormat saya,

T. Zulkarnain
NIDN 0029097904
Politeknik Negeri Lhokseumawe
Senin, 23 Desember 2013 16:37:42
SISWANTO . L . webmaster[at]syswebco[dot]com
Yth. Bapak/Ibu Panitia Serdos Gelombang I 2013
Assalamu Alaikum Wr.Wb

Hasil sertifikasi dosen untuk peserta dapat diketahui Jika Perguruan Tinggi Saudara telah melakukan pelaporan ke PDPT s.d. Semester 2 Tahun 2012 dengan persentase minimal 90%, padahal PT saya sudah melengkapinya 100%..gimana ini ? mohon data segera diperbarui secepatnya...

Terima kasih atas atas segala bantuan dan konfirmasi Bapak/Ibu Panitia.
Wassalamu Alaikum Wr.Wb.

Siswanto,S.Pd.S.Kom.M.Kom
NIDN. 0610018001
Senin, 23 Desember 2013 13:56:57
EKO PRAMONO . .
Bagi yang belum LULUS serdos, jangan bersedih,...saya juga gak LULUS,..dan msh banyak yang memiliki nasib yang sama,...hehehehehe
Senin, 23 Desember 2013 12:26:16
STTD . L . sttd[dot]diklat[at]gmail[dot]com
Apakah bagi peserta yang dinyatakan belum lulus pada tahun ini bisa mengikuti seleksi pada tahun 2014?atau harus ikut 2 tahun lagi pada tahun 2015? Mohon informasinya dan kalau ada dasar hukumnya nomor berapa? terima kasih.
Senin, 23 Desember 2013 08:53:13
STTD . L . sttd[dot]diklat[at]gmail[dot]com
Apakah bagi peserta yang dinyatakan belum lulus pada tahun ini bisa mengikuti seleksi pada tahun 2014?atau harus ikut 2 tahun lagi pada tahun 2015? Mohon informasinya dan kalau ada dasar hukumnya nomor berapa? terima kasih.
Senin, 23 Desember 2013 08:53:13
STTD . L . sttd[dot]diklat[at]gmail[dot]com
Apakah bagi peserta yang dinyatakan belum lulus pada tahun ini bisa mengikuti seleksi pada tahun 2014?atau harus ikut 2 tahun lagi pada tahun 2015? Mohon informasinya dan kalau ada dasar hukumnya nomor berapa? terima kasih.
Senin, 23 Desember 2013 08:53:13
STTD . L . sttd[dot]diklat[at]gmail[dot]com
Apakah bagi peserta yang dinyatakan belum lulus pada tahun ini bisa mengikuti seleksi pada tahun 2014?atau harus ikut 2 tahun lagi pada tahun 2015? Mohon informasinya dan kalau ada dasar hukumnya nomor berapa? terima kasih.
Senin, 23 Desember 2013 08:53:12
RAHMAT ADIPRASETYA AL HASIBI . L . r[dot]a[dot]alhasibi[at]ieee[dot]org
Ternyata saya seorang plagiator...
Tidak Lulus ATDL: NIlai DD
Senin, 23 Desember 2013 08:01:57
LILIAN BATUBARA . L . lilian[dot]batubara[at]yarsi[dot]ac[dot]id
Yth. Bapak/Ibu Panitia Serdos Gelombang I 2013
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Bersama ini saya, mohon informasi HASIL SERDOS saya dinyatakan BELUM DIAJUKAN OLEH PTU sehingga hasilnya belum bisa diketahui LULUS / TDK LULUS,
Mohon konfirmasinya Bapak/Ibu Panitia.
Terima kasih atas atas segala bantuan dan konfirmasi Bapak/Ibu Panitia.
Wassalamu Alaikum Wr.Wb.
dr.Lilian Batubara, M.Kes
NIDN. 0312116302
Senin, 23 Desember 2013 06:48:32
hasil akhir kita sama pak....kok bisa begini ya..?ngak jelas lulus atau tidak lulus..padahal kita udah mengerjakannya....operator PTU jg ngak bisa berbuat apa-apa, krn tidak ada jawaban dari panitia pusat....
HAFIF HR . Ahad, 29 Desember 2013 13:14:01
H. INAYATULLOH A. HASYIM . L . inayat4[at]yahoo[dot]com
Alhamdulillah, LULUS Sertifikasi dosen. Tinggal memperbanyak karya ilmiah; semoga di tahun 2014 semakin rajin melakukan penelitian. :)
Ahad, 22 Desember 2013 11:45:14
MUTIA HARIATI HUSSIN . P . mutiasuryo[at]yahoo[dot]com
Terimakasih hari ini saya telah dinyatakan LULUS serdos.
Hadiah hebat untuk Hari Ibu tahun 2013 ini.
Semoga bermanfaat untuk semua, aamiin.
Ahad, 22 Desember 2013 10:37:16
LILIANA SWASTINA . P . lilisera[at]gmail[dot]com
Selamat Hari Ibu khususnya bagi teman-teman ibu dosen semua.....
Selamat Hari Natal 25 Desember 2013 dan menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2014, all the best 4 us......GBU
Ahad, 22 Desember 2013 09:53:01
YOHANES TUADERU . L . johntuaderu[at]ymail[dot]com
Syukurlah, masa pengisian SIPKD diperpanjang sampai 28 Februari 2014. Kalau tidak, kacau-lah liburan Natal dan Tahun Baru-ku. Hehehehehe. Semoga dengan perpanjangan waktu ini kita semua bisa mengisi semua data yang diminta dengan tenang dan lengkap .
Ahad, 22 Desember 2013 09:35:07
I GUSTI NGURAH PRIAMBADI . L . priambadi[dot]ngurah[at]yahoo[dot]com
Saya bersyukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas kelulusan saya dalam mengikuti sertifikasi dosen, ini adalah merupakan berkah bagi saya pribadi maupun keluarga dan semoga bisa menjalankan kewajiban dengan sebaik baiknya.
Sabtu, 21 Desember 2013 22:26:03
YUANITA . P . yuanita[dot]dethe[at]ymail[dot]com
Puji Tuhan pengumuman serdos pada hari ini tgl 21 Des 2013 saya dinyatakan LULUS, dari hati yang dalam saya ucapkan terima kasih kepada dikti dan teman2 dosen di POLITANI Samarinda. GBU
Sabtu, 21 Desember 2013 20:57:05
EDDY RISMANDA SEMBIRING . L . kubucolia[at]yahoo[dot]com
Akhirnya keluar juga hasinya, setelah klarifikasi dari pihak Universitas ke Dikti. LULUS. Puji Tuhan, ini hadiah natal yang begitu besar bagi keluarga saya. Terima kasih PTU (Kopertis) dan seluruh panitia serdos 2013. GBU. Salam untuk semua Dosen di Indonesia
Jumat, 20 Desember 2013 19:39:07
CAHYO BUDI SANTOSO . L . cafana_07[at]yahoo[dot]com
Info dari sejawat dosen yang saat ini sedang mengikuti Sosialisasi SIPKD di Kopertis X hari ini, diminta semua dosen mengisi SIPKD sampai 30 Des. Bagi dosen yang sudah serdos apabila tidak mengisi maka tunjangan serdosnya tidak bisa dicairkan.

Apakah dosen dimaksud juga dosen yang baru lulus serdos tahun 2013 ini ? (karena baru lulus, jadi belum pernah terima tunjangan serdos). Jika iya, bagaimana cara pengisian SIPKD ?

Mohon saling sharing....terimakasih

Cahyo Budi Santoso
Jumat, 20 Desember 2013 14:16:29
buka situs sipkd trus download petunjuknya, cara isinya masukkan NIDN password NIDN dan tuliskan angka keamanan yang muncul, salam
ARIS PALINGGI . Jumat, 20 Desember 2013 21:38:03
untuk pengisian SIPKD apakah harus nunggu sertifikat keluar dulu (Bagi yg baru lulus)? tlg infonya. trims
DELTARI NOVITASARI . Sabtu, 21 Desember 2013 11:19:51
tidak perlu nunggu, langsung isi sj.., batas waktu 28 feb 2014
ARIS PALINGGI . Sabtu, 21 Desember 2013 20:17:04
Trims pak informasinya.. Apakah teman2 yg lulus sudah mendapat sertifikat?? Krn sampai saat ini saya blm terima m tlg infona :) trims
DELTARI NOVITASARI . Ahad, 22 Desember 2013 10:34:44
@ Aris Palinggi : Terimakasih informasinya.
@ Deltari Novitasari : Kita sama-sama menunggu sertifikat-nya...
CAHYO BUDI SANTOSO . Ahad, 29 Desember 2013 06:35:01
MARTINUS BAGUS WICAKSONO . .
Puji Tuhan....akhirnya keluar juga hasilnya pagi ini
setelah sekian lama terkatung-katung statusnya
Jumat, 20 Desember 2013 13:38:16
DEVI SYARIEF . P . devi_syarief[at]yahoo[dot]com
Yth. Bapak/Ibu Panitia Serdos 2013
Saya adalah salah seorang yang tidak lulus serdos 2013 dg ATDL: DD Konsistensi. Saya ingin tahu apa maksudnya Pak/Bu? Darimana penilaian DD tsb dapat dikatakan lulus atau tidak lulus? Hal ini sebagai bahan evaluasi bagi saya. Apakah ada pembinaan dan tindak lanjut bagi yang tidak lulus serdos karena DD konsistensi ini? Mohon konfirmasinya ya Pak/Ibu Panitia. Tidak lulus serdos membuat saya menjadi tidak percaya diri untuk menjalankan profesi dosen karena toh saya tidak diakui secara profesional. Terima kasih atas konfirmasi Bapak/Ibu Panitia.
Wassalam
Devi Syarief
NIDN. 1015037501
Jumat, 20 Desember 2013 10:38:40
NAIMAH . P . salsabila_ima[at]yahoo[dot]co[dot]id
Alhamdulillah saya lulus serdos, mohon petunjuknya apa aja yang harus saya siapin setelah ini yang berhubungan dengan serdos
Jumat, 20 Desember 2013 10:09:52
iya masih binggung.. katanya tinggal nunggu sertifikat keluar.. mdh2an ada pemberitahuan secepatnya ya bu..
DELTARI NOVITASARI . Jumat, 20 Desember 2013 13:29:00
SRI HERLIANA . P . sri[dot]herliana[at]sbm-itb[dot]ac[dot]id
Yth.DIKTI

Pak,untuk ketidaklulusan saya,apa yang menyebabkannya? sehingga tahun depan saya bisa memperbaikinya? Terima kasih
Jumat, 20 Desember 2013 07:14:30
EKO DIDIK WIDIANTO . L . didik[at]live[dot]undip[dot]ac[dot]id
Dear rekan dosen,
Kenalan yuk..

Salam,
http://didik.blog.undip.ac.id <a href=>.</a>
Jumat, 20 Desember 2013 05:18:16
IRWAN SUGIARTO . L . irwan[dot]sugiarto[at]yahoo[dot]com
Kepada Yth Panitia Serdos 2013
Dimana saya dapat mengetahui nilai keseluruhan serdos 2013 ? agar saya dapat mengetahui nilai apa yang kurang? trima kasih
Kamis, 19 Desember 2013 21:19:51
IRWAN SUGIARTO . L . irwan[dot]sugiarto[at]yahoo[dot]com
Kepada Yth. Panitia Serdos Sesi I Tahun 2013
Apakah benar, bila bidang ilmu yg saya tekuni adalah Manajemen, sedangkan homebase saya adalah Fakultas Hukum, yg menyebabkan tidak lulus Serdos ? Trima kasih
Kamis, 19 Desember 2013 21:14:12
YOHANES TUADERU . L . johntuaderu[at]ymail[dot]com
Selamat Menyongsong Natal 2013 bagi teman-teman dosen yang merayakannya. Semoga Natal tahun ini membawa semangat dan atmosfir tersendiri bagi kita untuk lebih semangat dalam karya. Satu pertanyaan: Tahapan apalagi yang kita nantikan setelah hasil Serdos diumumkan beberapa minggu yang lalu?
Kamis, 19 Desember 2013 14:58:27
YOHANES TUADERU . L . johntuaderu[at]ymail[dot]com
Selamat Menyongsong Natal 2013 bagi teman-teman dosen yang merayakannya. Semoga Natal tahun ini membawa semangat dan atmosfir tersendiri bagi kita untuk lebih semangat dalam karya. Satu pertanyaan: Tahapan apalagi yang kita nantikan setelah hasil Serdos diumumkan beberapa minggu yang lalu?
Kamis, 19 Desember 2013 14:57:59
VERDI YASIN . L . verdiyasin[at]jayakarta[dot]ac[dot]id
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Panitia Penilaian Serdos 2013

Dengan ini saya menyampaikan rasa kecewa saya tentang hasil Nilai Akhir Serdos, TIDAK LULUS karena ATDL: NILAI GABUNGAN. yang saya kecewa adalah pada saat proses Tes TPA dan TOEP di Universitas Gunadharma. sistem komputer dan jaringan, mengalami gangguan sistem (ERROR ber-KALI-KALI), SETELAH KAMI TANYA KEPADA PETUGAS DARI UNIVERSITAS GUNADHARMA, mereka menjawab bahwa ini adalah gangguan dari Dikti. Kalau begitu semestinya PTPS harus mempertimbangan hasil TPA dan TOEP karena Gangguan SERVER dari DIKTI tersebut. bagaimana bisa LULUS kalau penilaian hanya di lihat dari satu sisi tersebut (NGB). sementara panitia Tes TPA dan TOEP perguruan tinggi pelakasana Tes tersebut dalam proses pelaksanaan TESnya selalu mengalami gangguan SERVER terus-menerus pada saat pelaksanaan TESnya. Mohon di pertimbangkan keslahan GANGGUAN SERVER tersebut. ini bukan semata-mata kesalahan atau kekurangan dari kami (Sistem SERVER pada Jaringan DIKTI di Perguruan Tinggi Pelaksana yang belum maksimal SIAPnya) Innalillahi Wainnalillahi Rojiun saya TIDAK LULUS karena ATDL: hanya dari NILAI GABUNGAN.

MOHON PERTIMBANGKAN YA BAPAK/IBU PTPS , mestinya pemerintah harus pemberitahuan/Edaran pada satu tahun sebelum pelaksanaan Tes TPA dan TOEP.

Terima Kasih.

Jakarta, 19 Desember 2013

Ttd

Verdi Yasin
NIDN: 0302067704
Kamis, 19 Desember 2013 06:22:17
Saya mengalami hal yang sama dengan Bapak Verdi Yasin, pada saat Tes di Universitas Gunadharma sistem ERROR berkali-kali, sampai sebagian besar peserta tes keluar ruangan, karena ERROR terus.... Hasil akhir saya TIDAK LULUS KARENA ATDL : NILAI GABUNGAN.
AHMAD YANI . Kamis, 19 Desember 2013 12:48:58
capek kita berkoar-koar dikti tidak pernah ambil peduli pak........, tidak kasian sama kita sesama manusia, sudah perjuangan yang luar biasa kita tunjukkan tapi hasilnya NIHIL, SUBHANALLAH..........SAYA JUGA TIDAK LULUS PAK
Herry Imran . Kamis, 19 Desember 2013 13:45:43
Saya juga mengalami hal yang sama dengan Bapak Verdi, sistem sering ERROR, tapi waktu terus berjalan, hal ini yg menyebabkan jawaban TOEP saya tidak maksimal.
IRWAN SUGIARTO . Kamis, 19 Desember 2013 21:18:03
Kerja dan usaha yg maksimal belum tentu memperoleh hasil yg masimal.
Tp paling tdk saya sdh protes secara maksimal atas porakporandanya sistem ujian online di univ gunadharma. Kekakacauan sistem sejak awal test membuahkan hasil yg maksimal yaitu TIDAK LULUS...mmmm...apa tanggapan penyelenggara? Subhanallah...
ESTUTI FITRI HARTINI . Jumat, 20 Desember 2013 12:14:34
BAHIDIN LAODE M . L . bahidin[at]gmail[dot]com
Bersiap tuk 2014..- - Penelitan dan publikasi hasil penelitian - - semoga 4 judul penelitian saya tahun 2013 bisa terpublikasi di tahun 2014..amiin...Ahamdulillah LULUS SERDOS 2013.. SALAM HORMAT buat seluruh teman dosen di seluruh penjuru negeri ..
Rabu, 18 Desember 2013 17:52:13
Titis Ariwibowo . L . titis[dot]ariwibowo[at]yahoo[dot]co[dot]id
*** Selamat Natal Dan Tahun Baru 2014***........Semoga Tahun depan menjadi lebih baik dalam segala hal...amiin3x..!!!
Rabu, 18 Desember 2013 15:19:04
amin.,.,.,,.
Darul Prayogo . Kamis, 02 Januari 2014 10:44:49
WACHYU AMELIA . P . amelia[dot]wachyu[at]yahoo[dot]com
semoga keluh kesah kalian yang juga suara hati saya mendapatkan respon.
Rabu, 18 Desember 2013 13:37:11
ABDI DARMAWAN . .
apakah PTS yang masuk dalam Bina Lingkungan serdos DYS tetap lolos serdos untuk dosen nya?
Rabu, 18 Desember 2013 12:37:19
ZAINAL ABIDIN . L . abidin_sepub[at]yahoo[dot]com
Lanjutan....memang teman sejawat dan mahasiswa yg menilai kita TIDAK kita yg menentukan, shg tidak tau siapa yg menilai kita, namun cara saya adalah dg menceritakan CV kita ke atasan (kajur dan dekan) sudah cukup, agar beliau mengetahui aktifitas terkini kita. Krn atasan lah yg berwenang menunjuk/menentukan siapa2 yg menilai kita sbg DYS.
Rabu, 18 Desember 2013 08:36:09
ZAINAL ABIDIN . L . abidin_sepub[at]yahoo[dot]com
Assalamu alaikum, selamat pagi panitia serdos dan semua rekan-rekan dosen. Turut bersedih membaca curahan hati bapak/ibu dosen yang pada kesempatan kali ini BELUM lulus serdos, sekali lagi BELUM lulus serdos. Insya Alloh periode berikutnya Saya doakan bagi yang BELUM lulus untuk dapat Lulus Serdosnya,amin. Syaratnya: lakukan 3 hal, doa, ikhtiar, tawakkal. Kedengarannya tulisan Saya ini sok menasehati...maaf. Namun, bagaimanapun juga, kita sbg makhluk beragama, patut SELALU meMOHON pada-NYA tanpa HENTI-HENTI. Dibalik ketidak lulusan bapak/ibu, MILIKI secuil HARAPAN saja...untuk dapat LULUS, insya lloh hal ini akan mjd modal utk TERUS BERJUANG (IKHTIAR) agar LULUS. Alhamdulillah Saya lulus serdos periode 2 (th 2013), Saya tergolong peserta tambahan, dimana tgl 19 Nop 2013 Sy dapat surat utk tes TOEP dan TPA, lalu tgl 20 Nop langsung tes (dg persiapan seadanya), hasil tpa sy hanya 49, toep saya 51. lalu sy disurati lg oleh kepegawaian saya untuk mengisi borang serdos di web serdos.dikti.go.id maksimal 26 Nop 2013 (serba mendadak dan cepat), padahal 27-30 Nop saya harus ke thailand. Dengan segala STRATEGI yg dibeberkan KAJUR saya, dan Saya juga sudah mempelajari panduan2 di web SERDOS, itu semua Saya coba penuhi. Jurus ikhtiar/usaha yg Saya lakukan pd serdos periode 2013 ini:
(a). Pengisian setiap butir DD, minimal 150 kata, sudah saya penuhi,ada yg sampai 300.an kata juga, ada yg hanya 152 kata. STRATEGI nya, Saya draft dulu kata-kata isian DD Saya di format MS WORD, lalu saya copy dan paste di web serdos. Semua isian tsbt saya buat sendiri dg gaya bahasa saya sendiri yg menurut saya khas (tdk harus bhs formal, tdk harus SPOK, kalimatnya bisa semabarng, pasif, aktif, yg penting tercapai tujuan di tiap butir DD). Dan semua isian DD harus konsisten (cukupan sj) dg di isian CV, maupun penilaian persepsional, baik oleh mahasiswa, dosen teman sejawat maupun atasan. Ceritakan dulu ke teman sejawat, mhsiswa, dan atasan ttg apa2 yg sudah kita lakukan di CV tsbt agar match utk penilaian mereka trhadap kita.
(b). Penilaian persepsional oleh DIRI KITA SENDIRI jangan sampai terlalu JAUH/TINGGI dibandingkan penilaian oleh sejawat dan mahasiswa. Kita sudah bisa menebak kalau mahasiswa menilai dosennya ada sj yg ekstrim, ada yg fair, shg sebaiknya nilaialah diri sendiri anda dg biasa saja, tidak terlalu tinggi, jgn pula terlalu rendah. Atasan pun dlm menilai kita perlu anda ceritakan CV anda, kepribadian anda. Walaupun atasan, sejawat, dan mhsiswa pada tau siapa anda, namun perlu direfresh lah, dg demikian insya alloh tdk terlalu jauh penilaiannya.
Inti kelulusan menurut saya adalah KONSISTENSI.
Dalam hal karya ilmah pun saya lebih byk seminar internasional dan prosising, jurnal hy 1, buku ajar 3, dan beberapa karya pengabdian. namun, semua yg sy masukkan sy pilihi yg konsisten dg konsistensi bidang keilmuan saya. Dg segenap karya sy itu pun saya TIDAK terlalu yakin kalau saya lulus, mengingat saya msh ASISTEN ahli, nilai toep+tpa biasa2 saja, jumlah jurnal sedikit, namun seminar internasional sy skitar 4 judul. Berbekal konsistensi dan kehati2an dlm mengisi isian serdos, dan tak berhenti berdoa/berharap kpd Alloh setiap susai sholat 5 waktu, dan sampai saya tawakkal/berserah diri pada-Nya setelah berusaha, jika saya lulus serdos, pertama-tama saya segera pakai hutang untuk mendaftar haji, alhamdulillah saya lulus. Jika perlu komunikasi lebih lanjut, bisa ke: abidin_sepub@yahoo.com Semoga share ini bermanfaat, amin.
Rabu, 18 Desember 2013 08:25:00
EKO DIDIK WIDIANTO . L . didik[at]live[dot]undip[dot]ac[dot]id
Tidak ada penjelasan bagi dosen yang tidak lulus karena DD. Jadi, sah-sah saja banyak yang berasumsi kenapa tidak lulus. Saya salah satunya.

Sistem online serdos (dan pada giliarannya reviewer yang menggunakan sistem) hanya menilai DD secara TEKSTUAL, bukan KONTEKSTUAL. Berapa pun artikel ilmiah (dan reputasinya), kegiatan penelitian, pengabdian kalau saat menuliskan di form as-it-is, kemungkinan bisa dinilai jelek oleh sistem. Walaupun saya yakin, ada reviewer yang benar-benar mempertimbangkan portofolio (cv) dosen dalam menilai DD, mengutamakan CV di DD dan hanya menggunakan form DD sebagai pelengkap.

Contoh, jika 3 orang dosen melakukan kegiatan bersama (penelitian atau pengabdian), maka kemungkinan besar akan menuliskan di form dengan kalimat yang mirip (tahun kegiatan, judul kegiatan, surat tugas, tempat kegiatan, hasil) walaupun perannya dinyatakan berbeda (ketua/anggota). Kemiripan lebih dari 50% dianggap plagiat dan dapat nilai kosong. Dan dosen YBS tidak lolos serdos dengan TL DD.

Dampaknya luar biasa. Psikis dan moril dosen jatuh. Komentar beragam saat mencoba mencari penjelasan mulai dari jawaban mungkin ada yang mirip, mungkin copy-paste dan jawaban2 serupa seakan menegaskan bahwa dosen YBS seorang PLAGIATOR, peniru.

Apakah ini sasaran dari program Serdos? Dari panduan, sertifikasi dosen dilakukan dengan uji kompetensi dan uji portofolio (rekam jejak profesi dosen). Kalau ada yang menyimpang pelaksanaannya, terutama uji portofolio oleh sistem yang menilai TEKSTUAL, apakah ada konsekuensinya? Bagaimana Dikti menjamin tidak ada penyimpangan dalam penilaian uji portofolio dosen?

Mohon dimaklumi banyak pertanyaan. Boleh dikatakan saya dosen galau. Galau lebih karena pengecapan hasil DD sebagai seorang dosen PLAGIATOR (yang tegas kami bantah). Mudah2an ada penjelasan kenapa nilai DD kami rendah sehingga mampu menghilangkan kegalauan.

Merah tetap merah, putih tetap putih.
Rabu, 18 Desember 2013 00:26:30
Pembunuhan Karakter...
RANO SUMARNO . Rabu, 18 Desember 2013 02:38:46
TUTIK PEBRIANTI . P . tutikpebrianti[at]yahoo[dot]co[dot]id
Assalamualaikum Bapak panitia serdos Dikti 2013, sampai saat ini saya belum dapat melihat hasil pengumuman serdos 2013, karena PT kami masuk dalam binaan, tetapi semua yang berhubungan dengan hal tersebut sudah kami laporkan dan menguploadnya dan sudah kami kirimkan melalui kopertis 2 dan dikti, namun sampai sekarang masih belum ada realisasinya. Saya Mohon sekali agar Bapak dapat memberikan penjelasan dimana letak kesalahan dan kekurangan dari PT kami. Terima kasih.
Selasa, 17 Desember 2013 15:14:28
JOSEPH J A TURAMBI . L . jeffturambi[at]yahoo[dot]co[dot]id
Yth, Panitia Serdos,
Terima kasih atas kesempatan sertifikasi, sekedar mohon info. Dalam hasil akhir sertifikasi dosen tahun 2013 tertulis: menunggu diproses PTPS, Tidak ada nilai TKDA atau TKBI. Pertama; Proses PTPS berapa lama? Kedua; data TKDA atau TKBI kayaknya terkait erat dengan tes toefl dan TPA. Ketika saya mengukuti tes, password yang diberikan kepada kami tidak dapat login sehingga saya pulang tanpa bisa login. Saya hanya bisa upload hasil tes terbaru. Mohon tanggapan panitia!
Selasa, 17 Desember 2013 10:25:17
Saya turut prihatin Pak. Pengalaman saya, sehari sebelum tes diadakan simulasi tes menggunakan username dan pword di lembaga tempat kita tes. Tujuannya untuk mengecek apakah bisa login atau tidak dan juga membiasakan dengan sistem.
SULUH NUSANTORO . Selasa, 17 Desember 2013 11:47:17
SRI MURWANTINI . P . siemurwantinie[at]yahoo[dot]com
Yth. Panitia Serdos
Saya merasa sangat kecewa krn tdk lulus serdos, semua penilaian lulus kecuali DD. Menurut saya instrumen DD tidak lah cukup menggali informasi terkait kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial seorang dosen. Seorang asesor mungkin krg menyadari sedang menilai 4 kompetensi itu melalui DD (apalagi kalau krg paham 4 kompetensi itu) sehingga penilaiannya hanya mempertimbangkan rubrik penilaian DD tanpa mempertimbangkan kompetensi yang tergambar dalam essay tersebut. Masa sih kita sebagai seorang dosen berkepribadian jelek & kurang bisa bersosialisasi hanya dilihat dari rubrik DD yang kurang menggambarkan itu? Atau kita tidak profesional padahal dinilai NAP lulus? Atau tidak bisa mendidik padahal setiap hari mengajar kuliah? Kita dinilai tidak kompeten melalui penilaian DD oleh asesor, akibatnya saya rasakan dan lihat pada rekan-rekan yang tidak lulus membuat mental jatuh dan malu. Andai saja kelulusan dilihat dari nilai gabungan saja, saya pikir lebih adil dan persentase ketidaklulusan tidak sebesar sekarang. Banyak dosen yang tidak lulus di lingkungan kami krn DD, bahkan doktor lulusan luar negeri pun bernasib sama. Pertanyaan saya: (1) Benarkah setelah tidak lulus tahun ini, baru 2 tahun lagi dapat ikut serdos? (2) Ada kah pembinaan terhadap kami yang tidak lulus serdos (seperti guru ada PLPG)? Atau dibiarkan tetap tidak kompeten?
Mohon tanggapannya. Terima Kasih
Selasa, 17 Desember 2013 05:31:16
Yth Ibu Sri,
Saya sangat setuju dengan Ibu, sangat tidak adil kita tidak lulus karena DD, rata-rata yang komplen disini yang tidak lulus karena DD, apalagi hasil penilaiannya tidak diberitahu kita salahnya dimana, maksudnya nilai DD bisa sangat objektif. Saya lihat teman-teman yang tidak lulus karena NILAI GABUNGAN tidak banyak komplen, karena itu nilai yang bisa diukur (objektif), sementara seperti DD penilaian bisa berbeda tiap asesor.
PERDINA NURSIDIKA . Selasa, 17 Desember 2013 06:37:19
Yth Ibu Sri,
Saya sangat setuju dengan Ibu, sangat tidak adil kita tidak lulus karena DD, rata-rata yang komplen disini yang tidak lulus karena DD, apalagi hasil penilaiannya tidak diberitahu kita salahnya dimana, maksudnya nilai DD bisa sangat objektif. Saya lihat teman-teman yang tidak lulus karena NILAI GABUNGAN tidak banyak komplen, karena itu nilai yang bisa diukur (objektif), sementara seperti DD penilaian bisa berbeda tiap asesor.
PERDINA NURSIDIKA . Selasa, 17 Desember 2013 06:37:23
Bagi dosen yang tidak lulus penilaian portofolio melakukan kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme dalam periode sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun (Buku 1 Naskah Akademik Serdos Terintegrasi, halaman 8-9)
SULUH NUSANTORO . Selasa, 17 Desember 2013 09:48:36
SINDIK WIDATI . P . sindikw[at]yahoo[dot]com
Asslamualaikum wr.wb
Bpk/Ibu Assesor yang terhormat di dalam hasil akhir saya ada tulisan:
"Laporan Perguruan Tinggi Saudara ke PDPT untuk periode 2012 semester 2 saat ini baru mencapai 87.5 % (belum mencapai 90%).
Pengumuman hasil Serdos 2013 akan ditunda sampai dengan perguruan tinggi Saudara melakukan pelaporan ke PDPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan"
Kemarin sudah di urus PDPT nya kapan bisa dilihat lagi hasil serdos saya lulus apa tidaknya?. (berapa hari setelah PDPTnya di urus untuk mengetahui kelulusan serdos saya)
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
Selasa, 17 Desember 2013 05:27:59
INDAR CHAERAH GUNADIN . L . indarcg[at]gmail[dot]com
Tulisan ini bukan bermaksud untuk menjelekkan seseorang.

Setelah berjuang untuk mencari informasi tentang DD yg dinilai rendah oleh asesor akhirnya tadi sore sy memperoleh informasi yg sdh lama ditunggu2..Ternyata nilai akhir DD = 3.065,...hehehehe.
Tapi dari penilaian asesor tsb ada yg "ganjil" menurut sy, terutama pada point 6 (Publikasi Karya Ilmiah); Asesor 1 memberi nilai 4 sdng asesor 2 memberi nilai 3.Sy fokus ke point 6 ini krn sy pikir untuk point ini seorang asesor tdk bisa menilai sembrono (subjektif) krn panduan tentang cara pemberian nilai sdh teramat jelas. Apakah penilaian asesor ini objektif...Coba kita lihat faktanya : (Dari Isian DD yg sy buat pd point 6)
Beberapa paper yang pernah saya publikasikan pada jurnal internasional : <br/>
1. Indar Chaerah Gunadin, Muhammad Abdillah, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang, ― Determination of Steady State Stability Margin Using Extreme Learning Machine “, WSEAS Transactions on Power Systems, Volume 7, 2012, pp: 91-103, E-ISSN: 2224-350X (ISSN: 1790-5060) . Jurnal ini terindeks Scopus <br>

2. Indar Chaerah Gunadin, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang, “A Comparasion of Rescheduling Methods of Active Power Generation with Regard to Steady State Stability Limit“International Journal of Academic Research (IJAR), Vol. 4. No. 2. March, 2012, pp. 124-135, (ISSN: 2075-4124). Terindeks: Thompson-Reuters <br>
3. Indar Chaerah Gunadin, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang,―Steady State Stability Assessment Using Extreme Learning Machine Based on Modal Analysis ― International Review of Electrical Engineering (IREE), June 2012 (Vol. 7 N. 3), pp. 4532-4537, (ISSN: 1827- 6660). Terindeks Scopus <br>
Jurnal Nasional Terakreditasi : <br>
1. Indar Chaerah Gunadin, Muhammad Abdillah, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang,―Steady-State Stability Assessment Using Neural Network Based on Network Equivalent― Indonesian Journal of Electrical Engineering, TELKOMNIKA, December 2011, Vol. 9 No. 3, pp. 411-422, ISSN 1693-6930, Published by Ahmad Dahlan University, Indonesia. Terakreditasi Nasional <br>
Proceedings: <br>
1. Indar Chaerah Gunadin, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang , “Study On Effects Of Statcom Installation To Improved Voltage Stability In Sulselbar System― , Proceeding of the 1st International Seminar Applied Technology, Science & Arts, organized by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (The Institute of Research and Public Services), ISSN: 2086-1931, ITS Surabaya, Indonesia, 2009 <br>
2. Indar Chaerah Gunadin, Mukhtar Saleh, Adi Soeprijanto, “Design of Feedback Control Linear Quadratic Gaussian (LQG) For The STATCOM (Case Study: Sulselbar System)―, Proceeding of the 3rd International Seminar Applied Technology, Science & Arts, organized by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (The Institute of Research and Public Services), ISSN: 2086-1931, ITS Surabaya, Indonesia, 2009 <br>
3. Indar Chaerah Gunadin, Ontoseno Penangsang, Adi Soeprijanto, “Influence of Load Characteristics Against Voltage Collapse Phenomena―, International Conference on Engineering and Meta-Engineering ICEME 2010, 6-9 April 2010, Orlando, Florida,USA <br> 4. Indar Chaerah Gunadin, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang, “ An Approach for Real Power Generation Scheduling to Improve Transient Stability in the Java-Bali 500 kV Interconnection Power System―, Proceeding of Makassar International Conference on Electrical Engineering and Informatics (MICEEI), October 27-29, 2010 in Makassar, South Sulawesi, Indonesia <br> 5. Indar Chaerah Gunadin, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang, “Real Power Generation Scheduling to Improve Steady State Stability Limit in the Java-Bali 500 kV Interconnection Power System―, Proceeding of The International Conference on Power Systems Engineering, , World Academy of Science Engineering and Technology (WASET) Year 6 Issue 72, ISSN: 1307 – 6892, December 2010 <br> 6. Indar Chaerah Gunadin, Adi Soeprijanto, Ontoseno Penangsang, “Effect of Installation of Equipment Improvements on Stability of VAR Support on Sulselbar System―, Proceeding of The 7th Basic Science Nasional Seminar, ISBN: 978-602-96393-0-8, Unibraw Malang, Indonesia, 2010 <br> 7. Indar Chaerah G, Zaenab Muslimin, “UFR Scenario Study for Frequency Stability Reparation in the SULSELTRABAR System―, Proceedings, The 1st Makassar International Conference on Electrical Engineering & Informatics MICEEI, ISBN: 978-979-18765-0-6, 13-14 November 2008, page:105-108 <br> Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi : <br> 1.Indar Chaerah Gunadin, Mukhtar Saleh, A. Rahman, “Small Signal Stability pada Sistem Interkoneksi SULSELTRABAR―, JUPITER , ISSN : 1693-5535 Edisi Agustus 2008 Vol.VI, No.2,Hal:69-83 <br>
2.Mukhtar Saleh,Indar Chaerah Gunadin, A.Rahman, “Study Perancangan Filter Aktif untuk Meredam Harmonisa,― JUPITER , ISSN : 1693-5535 Edisi Agustus 2008 Vol.VI, No.2,Hal:1-12 <br>
3. Indar Chaerah G, “Perbaikan Kestabilan Transient Dengan Pemasangan Bus Sisip―, ELEKTRIKAL ENJINIRING, VOL.05,NO.01, JAN-APRIL 2007, ISSN:1412-8357 <br>
4. Indar ChaerahGunadin, Mukhtar Saleh, Supriadi, “Penggunaan Metode Kontrol Umpan Balik Optimal (Optimal Feedback) untuk Menambah Kestabilan Dinamik Sistem Tenaga Listrik―, INTEK, TAHUN KE-14,NO.3,HLM 163-173, OKTOBER 2008, ISSN 0653-1597 <br>

5.Mukhtar Saleh,Indar ChaerahGunadin dan Jusrina, “Perbandingan Unjuk Kerja AVR (Automatic Voltage Regulator dengan Kontrol PID (Proportional Integral Derivative) dan Kontrol LQR (Linear Quadratic Regulator)―, INTEK, TAHUN KE-14,NO.3,HLM 133-240, OKTOBER 2008, ISSN 0653-1597 <br>
6.Indar Chaerah G, “Analisis Penerapan PID Controller Pada AVR (Automatic VoltageRegulator)―, Media Elektrik,Vol:3,No.1,Juni 2008,ISSN:1907-1728,Hal:13-17 <br>
7.Indar Chaerah G, “Study Kasus Black-Out 30 September 2007 Sistem Sulseltrabar―, Media Elektrik,Vol:3,No.2,Desember 2008,ISSN:1907-1728,Hal:155-161 <br>
8.Indar Chaerah G, Mukhtar Saleh, Yulius P, “Study Penentuan Nilai df/dt Sistem Kelistrikan Sulawesi Selatan―, JUPITER , ISSN : 1693-5535 Edisi Maret 2009 Vol.VII, No.1, Hal:149-163 <br>
9.Mukhtar Saleh,Indar Chaerah G, Musdariyanto, “Perbandingan Metode Statik dan Dinamis dalam Penentuan Kestabilan Tegangan pada Sistem Interkoneksi SulSelBar―, JUPITER , ISSN : 1693-5535 Edisi Maret 2009 Vol.VII, No.1, Hal:1-16

Ternyata....semua karya2 sy tsb cuma diberi nilai 4 oleh asesor 1 dan nilai 3 oleh asesor 2. Aneh !!!!!
Padahal dlm buku ii panduan serdos hal 45 dikatakan bhw:
Nilai 7 Sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori A atau sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori B ditambah satu (1) kategori C
Nilai 6 Sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori B atau sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori C ditambah satu (1) kategori D
Nilai 5 Sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori C atau sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori D ditambah satu (1) kategori E
Nilai 4 Sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori D atau sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori E ditambah satu (1) kategori F
Nilai 3 Sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori E atau sekurang-kurangnya mempunyai dua (2) kategori F
Nilai 2 Sekurang-kurangnya mempunyai satu (1) kategori F
K Sama sekali tidak mempunyai publikasi karya ilmiah, tidak lulus
Ket:
A= Jurnal Ilmiah Internasional
B= Jurnal Nasional Terakreditasi
C= Seminar International
D=Jurnal Nasional tdk terakreditasi
E= Poster Nasional
Kira2 bagaimana pendapat teman2 dan panitia serdos terhadap kasus yg menimpa sy ini. Apakah penilaian asesor tsb sdh objektif???
Terima kasih

Wassalam
Senin, 16 Desember 2013 20:46:12
Qo bisa tahu ya hasil penilaiannya???
FIRMAN ARYANSYAH . Senin, 16 Desember 2013 21:33:25
ya,kok bs tau.gimana caranya???
Irmayani . Senin, 16 Desember 2013 22:14:45
hasil penilaiannya tahu darimana ????......
Robin Dompas . Selasa, 17 Desember 2013 04:41:03
Mungkin penybabnya karena bapak tidak mendapatkan penelitian yang dibiayai dikti ( Hibah ).., mungkin penelitian diatas hanya penelitian pribadi sehingga dinilai rendah oleh asesor. ada teman saya yang sering dapat Hibah namun tidak pernah publikasi dan tidak lulus serdos.., seharusnya kalau dapat hibah harus dipublikasikan juga.., atau dalam DD bapak tidak tulis bahwa itu hasil penelitian yang dibiayai dikti...
ARIS PALINGGI . Selasa, 17 Desember 2013 06:15:24
Yth bapak Aris Palinngi,
Saya 2 kali menang hibah dikti, punya jurnal nasional terakreditasi, juga tidak lulus. Dan di buku petunjuk juga tidak diinformasikan hibah dikti mempunya poin lebih tinggi.
PERDINA NURSIDIKA . Selasa, 17 Desember 2013 06:34:01
Terima kasih atas tanggapannya..
Sy dpt info dari Dikti. Sy mengirim surat ke Dikti u.b Panitia Serdos.
Tentang korelasi Hibah Dikti dan penilaian, sy pikir tdk hubunganya. Krn di buku 2 panduan serdos sangat jelas dipaparkan tentang kriteria pemberian nilai. Tks
INDAR CHAERAH GUNADIN . Selasa, 17 Desember 2013 09:15:39
Yth Bapak Indar...salam kenal
sekedar perenungan saja.....sehebat apapun kita,lulus atau "di tunda kelulusannya" kita, itu semua atas kehendak dan restu dari Tuhan,pasti ada rencana yang indah di balik semua ini.
LILIANA SWASTINA . Selasa, 17 Desember 2013 17:34:08
Ysh bpk indar saya setuju dgn ibu liliana swastina, mengenai tulisan bpk baik sekali tp sy liat penelitian yg bpk ajukan itu mirip topiknya bahkan terkesan pengulangan dari penelitian yg sama meskipun di publikasikan pada proseding paper ataupun jurnal ini yg saya amati dan rasakan mudahan bpk tahun depan lebih maju lagi dan bervariasi dlm topik penelitian ataupun proseding paper yg bpk publikasikan salam kenal sukses selalu utk bapak wassalam
YEFFRIANSJAH SALIM . Selasa, 17 Desember 2013 18:07:42
Ysh Bapak Indar Chaerah Gunadin,
Salam Kenal

Sekedar masukan saja...
Dari artikel-artikel bapak diatas apakah bapak telah memberikan bukti-bukti yang diminta seperti cover jurnal, dewan redaksi jurnal, artikelnya, dan URL bila memungkinkan dari artikel bapak bila dipublikasikan online kemudian bukti-bukti tersebut semuanya di unggah ke CV bapak?

Analisa saya mengapa asesor memberikan nilai rendah untuk poin 6 dari DD bapak kemungkinan karena asesor tidak menemukan bukti dari artikel-artikel bapak di CV bapak. Dan untuk poin 6 sebenarnya yang diminta hanya 3 publikasi bapak yang terbaik sehingga bapak cukup ambil yang terindeks Scopus dan Thomson Reuters kemudian ceritakan secara singkat artikel bapak untuk meyakinkan asesor bahwa memang bapak yang menulis artikel-artikel tersebut. Perlu diingat juga bahwa asesor DD belum tentu sebidang ilmu dengan bapak sehingga perlu diperhatikan bagaimana dalam penyampaiannya sehingga asesor paham apa yang ditulis di artikel bapak. Jangan lupa poin 6 juga dihubungkan ke poin 7 dan 8

Itu saja masukan saya..:)
Salam
BAYU KANIGORO . Selasa, 17 Desember 2013 22:35:59
Ketentuan publikasi sebenarnya kan cuma 3 publikasi terbaik. Kok disebutkan semua?? Bgmn kaitan CV (publikasi) dg DD poin 6, 7, dan 8??
WARSITO . Rabu, 18 Desember 2013 01:36:58
maaf ibu indah, saya ingin tau juga alasan ketidaklulusan.
mohon dishare cara menghubungi panitia serdos, sptinya via media ini tidak ada tanggapan apapun langsung dari panitia, hanya media utk curhat DYS
DIANA SAPHA A H . Jumat, 20 Desember 2013 19:47:50
ABDI DARMAWAN . L . abdi[at]yahoo[dot]com
Mudah-mudahan laporan PDPT 2012-2 yang kami kirimkan minggu lalu bisa di validkan dan akhirnya kami bisa mendapatkan pengumuman dari hasil serdos bapak ibu serdos ikut bantu yah
Senin, 16 Desember 2013 19:47:12
YEFFRIANSJAH SALIM . L . yeffri_salim[at]yahoo[dot]com
Ass wr wb semoga kita semua bisa menerima hasil dari serdos ini apapun hasilnya berpikirlah yg positif dan berprasangka yg baiklah pada asessor serdos karena kita semua adalah dosen ingatlah apa yg kita rasakan saat ini bagi beberapa orang mungkin itulah yg dirasakan oleh mhsiswa kita yg kurang puas dgn hasil nilai akhir yg diberikan oleh kita oleh sebab itu baik baiklah memberi nilai akhir pada mhswa kita jgn jadi dosen killer nanti kita jg dikillerin assesor serdos hehehe slmt malam mari kita isyaan wassalam
Senin, 16 Desember 2013 18:42:45
iya saya setuju .. gimana pak apakah sertifikat bapak sdh keluar? dimana kita mendapat informasi berkenaan dengan teknis sertifikat dan apa saja langkah selanjutnya? tlg infonya kalo ada yang tau :) trims
DELTARI NOVITASARI . Selasa, 17 Desember 2013 09:08:55
Sertipikat kita nunggu aja bu kalau pns dpk atau dosen pts nunggu kabar dari kopertis jika dosen ptn nunggu dari bag kepegawaian trims
YEFFRIANSJAH SALIM . Selasa, 17 Desember 2013 18:11:27
YEFFRIANSJAH SALIM . L . yeffri_salim[at]yahoo[dot]com
Ass wr wb semoga kita semua bisa menerima hasil dari serdos ini apapun hasilnya berpikirlah yg positif dan berprasangka yg baiklah pada asessor serdos karena kita semua adalah dosen ingatlah apa yg kita rasakan saat ini bagi beberapa orang mungkin itulah yg dirasakan oleh mhsiswa kita yg kurang puas dgn hasil nilai akhir yg diberikan oleh kita oleh sebab itu baik baiklah memberi nilai akhir pada mhswa kita jgn jadi dosen killer nanti kita jg dikillerin assesor serdos hehehe slmt malam mari kita isyaan wassalam
Senin, 16 Desember 2013 18:42:44
YEFFRIANSJAH SALIM . L . yeffri_salim[at]yahoo[dot]com
Ass wr wb semoga kita semua bisa menerima hasil dari serdos ini apapun hasilnya berpikirlah yg positif dan berprasangka yg baiklah pada asessor serdos karena kita semua adalah dosen ingatlah apa yg kita rasakan saat ini bagi beberapa orang mungkin itulah yg dirasakan oleh mhsiswa kita yg kurang puas dgn hasil nilai akhir yg diberikan oleh kita oleh sebab itu baik baiklah memberi nilai akhir pada mhswa kita jgn jadi dosen killer nanti kita jg dikillerin assesor serdos hehehe slmt malam mari kita isyaan wassalam
Senin, 16 Desember 2013 18:42:44
WIHERMANA RUSTAMAN . L . wihermana[at]gmail[dot]com
Assalamualaikum
Saya berharap KPK juga ikut serta mengawasi proses seleksi Serdos ini untuk menja ga image bahwa proses seleksi Serdos ini benar-benar objektif dan profesional dapat terhindar dari unsur-unsur gratifikasi.... yang kemungkinan bisa saja terjadi ! Wassalam
Senin, 16 Desember 2013 15:06:33
Waduh bapak ada ada saja gimana mau gratifikasi lha wong prosedur sdh jelas dan yg pasti saya sendiri tidak tau siapa yg menilai dd saya lain halnya jika dys mengetahui siapa asesor yg menilainya lagipula kpk turun jika pagu diatas 1m hehehe wassalam
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 18:31:37
sy jg tdk tau smp skrg tdk tau siapa asesor sy...positif thinking aja pak ^^
Irmayani . Senin, 16 Desember 2013 22:17:44
sy jg tdk tau smp skrg siapa asesor sy...positif thinking aja pak ^^
Irmayani . Senin, 16 Desember 2013 22:17:44
waduh pak sampai sekarang sy juga gk tahu sapa yg menilai bahkan skrg sistemnya online gk bs ketemu muka gmn mau gratifikasi hehehe peace !!!
SYUBHAN ANNUR . Sabtu, 28 Desember 2013 10:45:39
WIHERMANA RUSTAMAN . L . wihermana[at]gmail[dot]com
Kepada Yth. Panitia Serdos 2013
Alhamdulillah saya tidak lulus.... barangkali Allah SWT berkehendak lain...ada yang lebih baik dari ketidak kelulusan tahun ini, bahkan entah sampai kapan kesempatan ini ada diusia 60 kah dimana usia saya saat ini 55 tahun! Namun ketidak lulusan saya dilihat dari apanya ya ? Mohon di jawab ya, karena banyak keluhan dalam media ini tapi tak pernah ada jawabannya ...kalau tidak ada jawaban atau tanggapan buat apa ada media ini !
Senin, 16 Desember 2013 14:23:37
TRI WIDODO . L . triwidodo864[at]yahoo[dot]com
Assalamualaikum Wr. Wb.
Kpd Panitia SERDOS 2013, mohon pertanyaan dan keluhan teman-teman peserta SERDOS ditanggapi dan di respon. Kpd teman-teman yang sudah lulus selamat ya dan kpd temen-temen yang belum lulus sabar aja, yakinlah ini kehendak Alloh, baik lulus ato tidak lulus tu ada campur tangan Alloh, jadi yang lulus ya harus bersyukur dan yang belum lulus perlu bertawakal lagi, ditambah ihtiarnya dan bersabar. Terima kasih dan Salam untuk semua. Wassalam.
Senin, 16 Desember 2013 09:56:24
Gimana mau merespon wong asessor serdos banyak dan pada sibuk semua dan dosen yg mengisi suara anda ini banyak juga sehingga asessor sendiri bingung yg mau di komentari siapa dari sekian banyak suara anda ini wassalm bara bara bere bere
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 19:17:31
CHRISTYANA SANDRA . . christyana_sandra[at]yahoo[dot]com
alhamdulilah saya lulus serdos... mau tanya terkait ketidaklulusan serdos itu dilihat dari apa saja ya..??
Senin, 16 Desember 2013 09:19:50
Baca buku panduan sdh jelas bu knp lulus dan knp lolos
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 18:32:56
LIZA YULIANTI . P . yuliantiliza[at]ymail[dot]com
Assalamualaikum...
Kepada Panitia SERDOS 2013, mohon maaf kalau saya bertanya... ini tentang Perguruan Tinggi kami yang termasuk BINA LINGKUNGAN.. oleh sebab iti Pengumuman SERDOS kami DITUNDA, seandainya Pihak perguruan tinggi sudah melakukan klarifikasi, apakah kami akan segera mengetahui hasil SERDOS kami, terima kasih
Wassalam....
Senin, 16 Desember 2013 07:21:56
MONIKA GINTING . P . monicathan[at]yahoo[dot]co[dot]id
Kepada panitia Serdos 2013:
Mohon penjelasan hasil tentang penilaian yang banyak ditanyakan oleh perserta serdos. Surat edaran dari Dikti tertanggal 23 Oktober 2013, perihal edaran: yang menyatakan Tes TKDA dan TOEP yang dilaksanakan pada tahun ini bukan bagian sertifikasi dosen, melainkan bentuk fasilitas Ditjen Dikti agar dosen mesemiliki dokumen secara cuma-cuma.
Apakah dengan adanya surat ini kemungkinan: hasil akhir uang ATDL: nilai gabungan tidak lulus bisa berubah menjadi lulus, mengingat adanya surat edaran tersebut, sistem yang yang tersedia masih belum siapyang banyak dialami seperti mati lampu, sistim yang putus nyambung dll, sehingga hasil TKDA dan TOEP kecil. TK
Ahad, 15 Desember 2013 23:45:48
AMIR MACHMUD . L . amir[at]upi[dot]edu
Sekedar sharing saja, Selamat untuk yang sudah lulus semoga jadi ladang kesyukuran, dan bagi temen2 yg belum lulus jdkanlah jalan untuk kesabaran, sesungguhnya Allah tidak akan menguji hambanya di luar batas kemampuan hambanya...yakini ada rencana yang lebih indah.. sesungguhnya Allah tidak menilai hasil melainkan proses... saat berproses yakin akan menjadi bagian amal. Untuk temen-temen yang belum lulus karena DD, seorang reviewer dapat langsung bisa memberikan nilai "K" yang berarti tidak lulus kalau adanya unsur kesamaan (plagiat) dalam setiap point DD, atau karena ada unsur yang kosong dalam DD bisa jadi lupa atau memang belum terisi.
Ahad, 15 Desember 2013 17:15:00
INDAR CHAERAH GUNADIN . L . indarcg[at]gmail[dot]com
Aslm.Alkm.Wr.Wb
Sy sdh mengirim surat ke DIKTI u.b. Panitia Sedos untuk memberikan kpd sy hasil penilaian Tim Asesor. Sy menempuh langkah ini setelah berkoordinasi dgn PIC PSD Unhas dan bapak PR I Unhas. Yang ingin sy tanyakan dlm forum ini :
1. Apakah peserta Serdos punya Hak untuk bertanya (meminta klarifikasi terhadap nilai DD dari asesor). Jika punya, tolong Dikti membuka dan menjelaskan alur pengajuan klarifikasi tsb.
2. Jika ternyata penilaian Asesor ada yg tdk objektif (Mis: krn pengaruh hubungan yg jelek dgn peserta yg mau disertifikasi), bgm menyikapi hal tsb?..yg jelas Asesor jg manusia biasa.
3. Mohon kami2 yg bertanya di forum ini, di respon oleh Dikti.

Wassalam
Ahad, 15 Desember 2013 12:15:02
Saya mendukung langkah yang sdr Indar ambil. ini juga pertanyaan besar bagi saya, apakah DYS punya hak untuk minta klarifikasi nilai DD dari asesor. Karena penilaiannya bisa sangat subjektif sekali. Apakah mekanisme penilaiannya memang black box? Menurut saya Dikti harus memfasilitasi untuk keluhan-keluhan seperti ini. Diluar bahwa proses Serdos dari awal sampai akhir kemarin sangat-sangat menguras pikiran, tenaga, dan waktu, ada yang lebih penting bahwa, ketidak-lulusan DYS akibat nilai DD ini, membuat saya sebagai seorang dosen merasa tidak dihargai tenaga, pikiran, dan usaha saya di dalam melakukan proses pembelajaran di kampus selama ini. Segala jerih payah di beberapa semester di belakang yang tertulis di dalam DD itu seolah tidak ada artinya. Semua itu hanya dihargai dgn dinilai < 4.
FERY KURNIADI . Ahad, 15 Desember 2013 14:30:36
Boleh juga tu usul
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 18:34:09
SAORTUA MARBUN . L . saortuam[at]gmail[dot]com
Proses Serdos seorang DYS melewati tahapan yang tidak singkat, mulai dari D-1, D-2, D-3 hingga proses penyusunan portofolio. Panjang sekali.iiiii.i.i..i i i. Dampak positifnya adalah agar dosen menerima rejeki yang halal, berkeringat, berbusa, dan sering lembur. Kita berikan teladan bagi para peserta didik, agar kelak mereka menghargai nilai-nilai perjuangan, agar mereka tidak tergiur dengan rejeki yang tidak halal. Hidup Dosen...., Semangat..!
Ahad, 15 Desember 2013 01:07:35
Ya Allah. Hamba berdoa, agar para mahasiswa yang pernah duduk di kelas dimana Hamba bertugas sebagai pendidik: jauhkanlah mereka dari segala godaan, agar mereka tidak ikut-ikutan tergiur menjadi koruptor. Hamba berdoa agar rejeki mereka diraih dengan ikhtiar yang berkenan di hati-MU. Amin
SAORTUA MARBUN . Ahad, 15 Desember 2013 01:24:28
LISDEWI MULIATI . P . muliatilisdewi[at]yahoo[dot]com
Assalamualaikum Wr. Wb.

Karena ada berita:

INFORMASI TENTANG KELULUSAN SERTIFIKASI DOSEN TAHUN 2013

Hasil sertifikasi dosen untuk peserta dapat diketahui Jika Perguruan Tinggi Saudara telah melakukan pelaporan ke PDPT s.d. Semester 2 Tahun 2012 dengan persentase minimal 90%.
Hasil sertifikasi dosen AKAN DIBATALKAN jika DYS diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku, seperti No.47 Tahun 2009 dan peraturan lain terkait.

HASIL AKHIR:

Laporan Perguruan Tinggi Saudara ke PDPT untuk periode 2012 semester 2 saat ini baru mencapai 85.5 % (belum mencapai 90%). Pengumuman hasil Serdos 2013 akan ditunda sampai dengan perguruan tinggi Saudara melakukan pelaporan ke PDPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

maka kalau memang PTU kami belum memenuhi syarat, kenapa dosen-dosennya diterima sebagai DYS?

Terima kasih

Wassalam

LISDEWI MULIATI
Sabtu, 14 Desember 2013 23:03:03
LISDEWI MULIATI . P . muliatilisdewi[at]yahoo[dot]com
Assalamualaikum Wr. Wb.

Karena ada berita:

INFORMASI TENTANG KELULUSAN SERTIFIKASI DOSEN TAHUN 2013

Hasil sertifikasi dosen untuk peserta dapat diketahui Jika Perguruan Tinggi Saudara telah melakukan pelaporan ke PDPT s.d. Semester 2 Tahun 2012 dengan persentase minimal 90%.
Hasil sertifikasi dosen AKAN DIBATALKAN jika DYS diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku, seperti No.47 Tahun 2009 dan peraturan lain terkait.

HASIL AKHIR:

Laporan Perguruan Tinggi Saudara ke PDPT untuk periode 2012 semester 2 saat ini baru mencapai 85.5 % (belum mencapai 90%). Pengumuman hasil Serdos 2013 akan ditunda sampai dengan perguruan tinggi Saudara melakukan pelaporan ke PDPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

maka kalau memang PTU kami belum memenuhi syarat, kenapa dosen-dosennya diterima sebagai DYS?

Terima kasih

Wassalam

LISDEWI MULIATI
Sabtu, 14 Desember 2013 23:03:03
LISDEWI MULIATI . P . muliatilisdewi[at]yahoo[dot]com
Assalamualaikum Wr. Wb.

Karena ada berita:

INFORMASI TENTANG KELULUSAN SERTIFIKASI DOSEN TAHUN 2013

Hasil sertifikasi dosen untuk peserta dapat diketahui Jika Perguruan Tinggi Saudara telah melakukan pelaporan ke PDPT s.d. Semester 2 Tahun 2012 dengan persentase minimal 90%.
Hasil sertifikasi dosen AKAN DIBATALKAN jika DYS diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku, seperti No.47 Tahun 2009 dan peraturan lain terkait.

HASIL AKHIR:

Laporan Perguruan Tinggi Saudara ke PDPT untuk periode 2012 semester 2 saat ini baru mencapai 85.5 % (belum mencapai 90%). Pengumuman hasil Serdos 2013 akan ditunda sampai dengan perguruan tinggi Saudara melakukan pelaporan ke PDPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

maka kalau memang PTU kami belum memenuhi syarat, kenapa dosen-dosennya diterima sebagai DYS?

Terima kasih

Wassalam

LISDEWI MULIATI
Sabtu, 14 Desember 2013 23:03:03
Nah ini dia pertanyaan yg bagus setuju bu knp dys diikutkan serdos kalau memang bermasalah forlapnya
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 18:35:13
Nah ini dia pertanyaan yg bagus setuju bu knp dys diikutkan serdos kalau memang bermasalah forlapnya
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 18:35:13
FIRMAN ARYANSYAH . L . firman_aryansyah13[at]yahoo[dot]com
Assalamu alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, saya LULUS dalam Sertifikasi Dosen Tahun 2013 ini..
Mohon petunjuk mengenai teknis Penyerahan Sertifikat Pendidik bisa diterima kapan?
terimakasih..
Sabtu, 14 Desember 2013 20:08:15
Ambilnya di PTU...
MUCHTAR A H LABETUBUN . Sabtu, 14 Desember 2013 23:01:23
Apakah ada informasi berupa pengumuman melalui website atau surat undangan berkenaan penyerahan sertifikat? Mohon infonya bagi yg tau. Trims
DELTARI NOVITASARI . Ahad, 15 Desember 2013 00:24:42
MARTHEN PALOBORAN . .
selain serdos, mungkin hal yg yg tak kalah pentingnya kita fikirkan dan kalo bisa dipertanyakan bagi kita sluruh rekan dosen dalam lingkup kemendikbud, bahwa knapa dosen di bawah kemendikbud tdk menerima Reumenerasi sdngkan dosen dalam naungan dept lain sdh menerima???? Besaran reumenerasi yg dibayarkan adalah selisih antara serdos dan tunjangan reumenerasi itu sendiri...
Sabtu, 14 Desember 2013 16:01:34
Itulahh maZ Bro...Negara kita ini kebijakannya aneh buangeeettt...mending kita mutasi aja ke instansi lain (LAN, Pertanian dll) krn mereka dpt serdos + remunerasi wlapun trimanya selisih...
MUCHTAR A H LABETUBUN . Sabtu, 14 Desember 2013 22:00:55
Achmad Sofian . L . achmad[dot]sofian[at]kkp[dot]go[dot]id
bagaimana saya mendapatkan sertifikat TKDA dan TOEP kemarin?
terima kasih
Sabtu, 14 Desember 2013 12:24:23
SUGENG WAHYUDI . L . swahjudi[at]bundamulia[dot]ac[dot]id
Tak sedikit yang berkeluh kesah mengenai variabel yang menyebabkan kegagalan memperoleh serdos. Pertanyaan yang berangkat dari "ketidak mengertian kenapa bisa terjadi error" belum terjawab tuntas. atau bahkan tidak terjawab.
Kesilapan proses sistem online yang dialami oleh sebagian kawan -kawan tampaknya tidak menggoyahkan pemahaman, bahwa itu tanggung jawab peserta sendiri. Argumentasinya adalah masih lebih banyak dosen yang lolos dengan sistem online tersebut.
Kita percaya bahwa seharusnya teknologi semestinya mempermudah dan memberikan banyak manfaat, meskipun adakalanya justru merepotkan dan menyusahkan.
Saran saya, marilah kita instropeksi, mungkin ada ketentuan unsur2 dalam serdos yang kita lewatkan karena mengejar deadline untuk submit/upload.. Untuk panita berikanlah respon yang memadai pada rekan-rekan yang mengajukan keluhan. Tentu semua tidak menghendaki jika keluhan-keluhan atau protes hanya menghasilkan sikap masa bodo dan persepsi negatif terhadap proses maupun penilaian serdos
Sabtu, 14 Desember 2013 11:07:46
RANO SUMARNO . .
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta 10270
Telp. (021) 57946101
Laman : www.dikti.go.id

Tangal : 23 october 2013
Nomor : 1807/E4.3/2013
Perihal : Edaran

Yth.
1. Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri
2. Coordinator Kopertis Wilayah I s.d XII

Menindaklanjuti surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan nomor: 1588/E4.3/2013 tanggal 24 september 2013 perihal pendaftaran tes online dan merujuk pada buku pedoman sertifikasi pendidik untuk dosen 2013, dengan ini kami menegaskan kembali hal-hal sebagai berikut:

1. Sesuai Permendiknas Nomor 47 Tahun 2009 Tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen, Sertifikasi Dosen dilasanakan melalui penilaian Protofolio.

2. Tes TKDA dan TOEP yang dilaksanakan tahun ini bukan bagian Sertifikasi Dosen, melainkan bentuk fasilitasi Ditjen Dikti agar dosen memiliki dokumen potensi akademik dan potensi berbahasa Inggris secara Cuma-Cuma sebagai kelengkapan dokumen protofolio.

3. Jika tes TKDA dan TOEP yang difasilitasi Ditjen Dikti belum memberikan hasil sebagaimana diharapkan, peserta bisa memanfaatkan penyedia layanan tes yang kredibel.

4. Definisi tentang penyedia layanan tes mengacu pada surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan nomor: 1588/E4.3/2013 tanggal 24 september 2013 perihal pendaftaran tes online, atau penyedia layanan tes yang diakui secara internasional seperti TOEFL dan IELTS.

Demikian penegasan ini disampaikan, atas perhatian saudara, kami ucapkan terimakasih.

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan


Supriadi Rustad
NIP. 19600104 1987031002


Tembusan:
1. Dirjen Dikti
2. Tim Sertifikasi Dosen Ditjen Dikti
Sabtu, 14 Desember 2013 10:42:26
DAMERIA ESTERLINA BR JABAT . P . sijabatdame[at]gmail[dot]com
"Terimakasih, karena saya tidak lulus karena nilai gabungan. Saya dapat informasi pada saat sebelum pengumuman serdos katanya nilai TOEP & TOEFL untuk tahun ini tidak berpengaruh, tapi kenyatannya saya tidak lulus karena nilai gabungan" terimakasih
Sabtu, 14 Desember 2013 09:08:23
SUTRIYANTO . L . su3_craft[at]yahoo[dot]co[dot]id
Tahun kemarin syarat serdos tanpa ada tes TOEP dan TPA prosentase kelulusan lebih besar tetapi sekarang sangat mnurun. bagaimana kami bisa mengevaluasi kekurangan atau kesalahan , apabila kita yang tdk lolos tidak diberi tahu kekurangan dan kesalahannya dimana, tahun depan syaratnya mgkn akan ditambah lg, dan yg tahun ini tdk lulus akan semakin kecil pula kesempatan untuk lulus, padahal harus mengulang 2 tahun lg. padahal proses tes toep kemarin banyak yg error scara tehnis, tiba2 komputer berhenti lama dan lgsg keluar nilai, ada yg br kerja 30 menit lgsg kluar skor 77. Bagaimana ini?
Sabtu, 14 Desember 2013 06:18:30
Saya sangat setuju, karena kami juga mengalami hal yang sama, error, error dan tanpa kejelasan
AGUS WAHYUDI . Ahad, 15 Desember 2013 21:41:26
HAFIF HR . L . hafifhr[at]yahoo[dot]com
Bpk/ibuk panitia serdos 2013 yang saya hormati...
mhn penjelasan bagi kami yang hasilnya berubah-ubah, pertama hasilnya TIDAK ADA DATA padahal data sudah divalidasi semuanya... malamnya berubah nasilnya menjadi BELUM DIKIRIM PTU.. setelah dikonfirmasi ke operator di TPU katanya sudah dikirim dan lengkap....operator sudah menghubungi panitia pusat jawabannya jg sama, padahal data yg dikirim sudah lengkap, operator TPU juga bingung dengan hasil yang ada....mhn penjelasannya kok bisa jd seperti ini,....?????
Jumat, 13 Desember 2013 20:17:17
HAFIF HR . L . hafifhr[at]yahoo[dot]com
Aslmkm....
Yth : Bapak/Ibu Panitia serdos 2013
hasil serdos yang ada di akun saya paginya saya lihat DATA TIDAK ADA, padahal saya sudah mengerjakannya dan semua telah terverivikasi, malamnya saya lihat lagi BELUM DI AJUKAN PTU, kok hasilnya berubah-ubah, saya konfirmasi ke operator PTU katanya semua sudah di kirim dan sudah lengkap, operator kami sendiri juga bingung dengan hasil yang ada sekarang...mhnlah bantuannya, biar ada kejelasan hasil dari pekerjaan yang telah kami lakukan........
Jumat, 13 Desember 2013 19:40:35
YUHELMI . P . yuhelmi[dot]muchtar[at]gmail[dot]com
Kemana kami harus mengadu...?., dan bertanya? nilai TPA 1 dan TOep 2 terus kemeren waktu persepsi nilai reratanya ngak sampai 7, pangkat lektor seharusnya kan NGB tidak lulus tapi teman saya kok bisa lulus ya saya bingung juga dengan penilaian ini.........
Jumat, 13 Desember 2013 15:02:52
ILHAM BAKRI . L . ilham[at]tiunhas[dot]net
Bagaimana dengan peserta serdos yang hasil akhirnya tertulis MENUNGGU PENILAIAN PTPS.... apa maksudnya??? sampai kapan menunggunya??

Wassalam,
Jumat, 13 Desember 2013 14:40:47
ADI CANDRA . L . candra99[at]gmail[dot]com
Alhamdulillah LULUS...terimkasih bapak reviewer...:-)
Jumat, 13 Desember 2013 13:20:24
IMAM YUDHI PRASETYA . L . yudhiimam[at]yahoo[dot]co[dot]id
saya peserta serdos yang telah dinyatakan lulus pada pengumuman tanggal 10 desember 2013. tapi nama saya salah dalam penulisan yang seharusnya IMAM YUDHI PRASTYA tapi yang dicantum IMAM YUDHI PRASETYA. untuk perubahan sudah saya lakukan dan sudah dirubah seperti yang tercantum di PDPT (sekarang).
yang ingin saya tanyakan adalah setelah dinyatakan lulus bisa atau tidak nama saya disesuikan dengan nama di PDPT yang sekarang (hasil perubahan), terimakasih
Kamis, 12 Desember 2013 22:40:47
SUGENG WAHYUDI . L . swahjudi[at]bundamulia[dot]ac[dot]id
Bersyukurlah bagi yang lulus serdos, bagilah pengalaman dan pengetahuan anda pada teman-teman yang nanti akan mengurus serdos. Serdos penting secara individual maupun institusi. Namun amanah kita sebagai dosen lebih penting. Keyakinan kita pada nilai ibadah dan amanah menjadi derajat tertinggi dalam mengemban profesi
Kamis, 12 Desember 2013 21:22:46
MANTAP BAPAK....... LANJUTKAN
YEFFRIANSJAH SALIM . Jumat, 13 Desember 2013 13:16:52
BAGI REKAN DOSEN YANG MAU MINTA BAGI PENGALAMAN DAN PENGETAHUAN SAYA BERSEDIA MEMBANTU EMAIL SAYA YEFFRI_SALIM@YAHOO.COM PIN BB 326D4B4E WASSALAM
YEFFRIANSJAH SALIM . Jumat, 13 Desember 2013 13:17:47
PAK YEFFRIANSJAH SALIM MANTAP JUGA..TAPI GAK PAKAI BARA BARA BERE BERE YA PAK ^_^
SULUH NUSANTORO . Jumat, 13 Desember 2013 13:21:18
Ya pak lupa nambahin bara bara bere bere salam kenal pak suluh nusantoro
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 05:05:51
Ya pak lupa nambahin bara bara bere bere salam kenal pak suluh nusantoro
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 05:05:52
SUGENG WAHYUDI . L . swahjudi[at]bundamulia[dot]ac[dot]id
Bersyukurlah bagi yang lulus serdos, bagilah pengalaman dan pengetahuan anda pada teman-teman yang nanti akan mengurus serdos. Serdos penting secara individual maupun institusi. Namun amanah kita sebagai dosen lebih penting. Keyakinan kita pada nilai ibadah dan amanah menjadi derajat tertinggi dalam mengemban profesi
Kamis, 12 Desember 2013 21:22:45
MULTIRIA . P . multiria89[at]yahoo[dot]com
Ass...
Yth,
Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013
Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan pada suara saya ini
Status fortofolio saya hasil akhir tidak lulus, ATDL = Nilai Gabungan. Alasan ketidaklulusan saya adalah nilai gabungan yg tdk memenuhi syarat. Berdasarkan Buku 2 Petunjuk Serdos Dikti 2013, kelulusan DYS ditentukan oleh kelulusan 4 penilaian yakni Persepsi, DD, Konsistensi Persepsi dan DD, serta Nilai Gabungan. NGB = 2(NAP)+2(NKP)+NPS+NPI+NPA:7 = >4
NGB = Nilai Gabungan
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
Kalau berdasarkan rumus di atas, maka sudah betul saya tdk lulus NGB, karena NGB saya = 2(4)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 3,8 (tdk lulus). Saya sangat menyesal atas terlambatan saya menggugah SK Lektor saya (terbit 1 Juni 2013), saya baru menggugah sekitar 20 Oktober 2013 (PDPT Dikti) setelah data D4 keluar. Jika seandainya SK lektor saya terakomodir maka NGB = 2(5)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 4,1 (lulus). Mungkin perlu saya jelaskan disini bahwa pemberitahuan SK Lektor saya telah terbit sekitar bulan Agustus 2013, dimana pada SK tsb terdapat kesalahan yakni status saya adalah Dosen Tidak Tetap, sehingga perlu waktu untuk mengklarifikasi & membetulkan ke Kopertis Wilayah IX. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya sangat mengharapkan adanya kebijaksanaan & pertimbangan dari Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013 untuk meninjau kembali Ketidaklulusan saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
MULTIRIA
NIDN 0912127305
Universitas Ichsan Gorontalo (091033)
Kamis, 12 Desember 2013 20:30:40
+3+1 (berdasarkan konfirmasi dr para penilai) dr mn ini bu multi ???????????
Herry Imran . Rabu, 18 Desember 2013 18:22:38
+3+1 (berdasarkan konfirmasi dr para penilai) dr mn ini bu multi ???????????
Herry Imran . Rabu, 18 Desember 2013 18:22:39
MULTIRIA . P . multiria89[at]yahoo[dot]com
Ass...
Yth,
Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013
Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan pada suara saya ini
Status fortofolio saya hasil akhir tidak lulus, ATDL = Nilai Gabungan. Alasan ketidaklulusan saya adalah nilai gabungan yg tdk memenuhi syarat. Berdasarkan Buku 2 Petunjuk Serdos Dikti 2013, kelulusan DYS ditentukan oleh kelulusan 4 penilaian yakni Persepsi, DD, Konsistensi Persepsi dan DD, serta Nilai Gabungan. NGB = 2(NAP)+2(NKP)+NPS+NPI+NPA:7 = >4
NGB = Nilai Gabungan
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
Kalau berdasarkan rumus di atas, maka sudah betul saya tdk lulus NGB, karena NGB saya = 2(4)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 3,8 (tdk lulus). Saya sangat menyesal atas terlambatan saya menggugah SK Lektor saya (terbit 1 Juni 2013), saya baru menggugah sekitar 20 Oktober 2013 (PDPT Dikti) setelah data D4 keluar. Jika seandainya SK lektor saya terakomodir maka NGB = 2(5)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 4,1 (lulus). Mungkin perlu saya jelaskan disini bahwa pemberitahuan SK Lektor saya telah terbit sekitar bulan Agustus 2013, dimana pada SK tsb terdapat kesalahan yakni status saya adalah Dosen Tidak Tetap, sehingga perlu waktu untuk mengklarifikasi & membetulkan ke Kopertis Wilayah IX. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya sangat mengharapkan adanya kebijaksanaan & pertimbangan dari Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013 untuk meninjau kembali Ketidaklulusan saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
MULTIRIA
NIDN 0912127305
Universitas Ichsan Gorontalo (091033)
Kamis, 12 Desember 2013 20:30:39
MULTIRIA . P . multiria89[at]yahoo[dot]com
Ass...
Yth,
Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013
Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan pada suara saya ini
Status fortofolio saya hasil akhir tidak lulus, ATDL = Nilai Gabungan. Alasan ketidaklulusan saya adalah nilai gabungan yg tdk memenuhi syarat. Berdasarkan Buku 2 Petunjuk Serdos Dikti 2013, kelulusan DYS ditentukan oleh kelulusan 4 penilaian yakni Persepsi, DD, Konsistensi Persepsi dan DD, serta Nilai Gabungan. NGB = 2(NAP)+2(NKP)+NPS+NPI+NPA:7 = >4
NGB = Nilai Gabungan
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
Kalau berdasarkan rumus di atas, maka sudah betul saya tdk lulus NGB, karena NGB saya = 2(4)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 3,8 (tdk lulus). Saya sangat menyesal atas terlambatan saya menggugah SK Lektor saya (terbit 1 Juni 2013), saya baru menggugah sekitar 20 Oktober 2013 (PDPT Dikti) setelah data D4 keluar. Jika seandainya SK lektor saya terakomodir maka NGB = 2(5)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 4,1 (lulus). Mungkin perlu saya jelaskan disini bahwa pemberitahuan SK Lektor saya telah terbit sekitar bulan Agustus 2013, dimana pada SK tsb terdapat kesalahan yakni status saya adalah Dosen Tidak Tetap, sehingga perlu waktu untuk mengklarifikasi & membetulkan ke Kopertis Wilayah IX. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya sangat mengharapkan adanya kebijaksanaan & pertimbangan dari Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013 untuk meninjau kembali Ketidaklulusan saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
MULTIRIA
NIDN 0912127305
Universitas Ichsan Gorontalo (091033)
Kamis, 12 Desember 2013 20:30:35
MULTIRIA . P . multiria89[at]yahoo[dot]com
Ass...
Yth,
Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013
Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan pada suara saya ini
Status fortofolio saya hasil akhir tidak lulus, ATDL = Nilai Gabungan. Alasan ketidaklulusan saya adalah nilai gabungan yg tdk memenuhi syarat. Berdasarkan Buku 2 Petunjuk Serdos Dikti 2013, kelulusan DYS ditentukan oleh kelulusan 4 penilaian yakni Persepsi, DD, Konsistensi Persepsi dan DD, serta Nilai Gabungan. NGB = 2(NAP)+2(NKP)+NPS+NPI+NPA:7 = >4
NGB = Nilai Gabungan
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
Kalau berdasarkan rumus di atas, maka sudah betul saya tdk lulus NGB, karena NGB saya = 2(4)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 3,8 (tdk lulus). Saya sangat menyesal atas terlambatan saya menggugah SK Lektor saya (terbit 1 Juni 2013), saya baru menggugah sekitar 20 Oktober 2013 (PDPT Dikti) setelah data D4 keluar. Jika seandainya SK lektor saya terakomodir maka NGB = 2(5)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 4,1 (lulus). Mungkin perlu saya jelaskan disini bahwa pemberitahuan SK Lektor saya telah terbit sekitar bulan Agustus 2013, dimana pada SK tsb terdapat kesalahan yakni status saya adalah Dosen Tidak Tetap, sehingga perlu waktu untuk mengklarifikasi & membetulkan ke Kopertis Wilayah IX. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya sangat mengharapkan adanya kebijaksanaan & pertimbangan dari Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013 untuk meninjau kembali Ketidaklulusan saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
MULTIRIA
NIDN 0912127305
Universitas Ichsan Gorontalo (091033)
Kamis, 12 Desember 2013 20:30:35
MULTIRIA . P . multiria89[at]yahoo[dot]com
Ass...
Yth,
Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013
Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan pada suara saya ini
Status fortofolio saya hasil akhir tidak lulus, ATDL = Nilai Gabungan. Alasan ketidaklulusan saya adalah nilai gabungan yg tdk memenuhi syarat. Berdasarkan Buku 2 Petunjuk Serdos Dikti 2013, kelulusan DYS ditentukan oleh kelulusan 4 penilaian yakni Persepsi, DD, Konsistensi Persepsi dan DD, serta Nilai Gabungan. NGB = 2(NAP)+2(NKP)+NPS+NPI+NPA:7 = >4
NGB = Nilai Gabungan
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
Kalau berdasarkan rumus di atas, maka sudah betul saya tdk lulus NGB, karena NGB saya = 2(4)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 3,8 (tdk lulus). Saya sangat menyesal atas terlambatan saya menggugah SK Lektor saya (terbit 1 Juni 2013), saya baru menggugah sekitar 20 Oktober 2013 (PDPT Dikti) setelah data D4 keluar. Jika seandainya SK lektor saya terakomodir maka NGB = 2(5)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 4,1 (lulus). Mungkin perlu saya jelaskan disini bahwa pemberitahuan SK Lektor saya telah terbit sekitar bulan Agustus 2013, dimana pada SK tsb terdapat kesalahan yakni status saya adalah Dosen Tidak Tetap, sehingga perlu waktu untuk mengklarifikasi & membetulkan ke Kopertis Wilayah IX. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya sangat mengharapkan adanya kebijaksanaan & pertimbangan dari Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013 untuk meninjau kembali Ketidaklulusan saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
MULTIRIA
NIDN 0912127305
Universitas Ichsan Gorontalo (091033)
Kamis, 12 Desember 2013 20:30:35
MULTIRIA . P . multiria89[at]yahoo[dot]com
Ass...
Yth,
Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013
Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan pada suara saya ini
Status fortofolio saya hasil akhir tidak lulus, ATDL = Nilai Gabungan. Alasan ketidaklulusan saya adalah nilai gabungan yg tdk memenuhi syarat. Berdasarkan Buku 2 Petunjuk Serdos Dikti 2013, kelulusan DYS ditentukan oleh kelulusan 4 penilaian yakni Persepsi, DD, Konsistensi Persepsi dan DD, serta Nilai Gabungan. NGB = 2(NAP)+2(NKP)+NPS+NPI+NPA:7 = >4
NGB = Nilai Gabungan
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
Kalau berdasarkan rumus di atas, maka sudah betul saya tdk lulus NGB, karena NGB saya = 2(4)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 3,8 (tdk lulus). Saya sangat menyesal atas terlambatan saya menggugah SK Lektor saya (terbit 1 Juni 2013), saya baru menggugah sekitar 20 Oktober 2013 (PDPT Dikti) setelah data D4 keluar. Jika seandainya SK lektor saya terakomodir maka NGB = 2(5)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 4,1 (lulus). Mungkin perlu saya jelaskan disini bahwa pemberitahuan SK Lektor saya telah terbit sekitar bulan Agustus 2013, dimana pada SK tsb terdapat kesalahan yakni status saya adalah Dosen Tidak Tetap, sehingga perlu waktu untuk mengklarifikasi & membetulkan ke Kopertis Wilayah IX. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya sangat mengharapkan adanya kebijaksanaan & pertimbangan dari Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013 untuk meninjau kembali Ketidaklulusan saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
MULTIRIA
NIDN 0912127305
Universitas Ichsan Gorontalo (091033)
Kamis, 12 Desember 2013 20:30:34
+3+1:7 dr mana ya soalnya saya juga ngk lulus tapi ngak tau bagaimana, tks
Herry Imran . Rabu, 18 Desember 2013 18:29:27
Irmayani . P . irmayanisulaiman[at]yahoo[dot]co[dot]id
saya harap suara anda ini terutama dikti memfasilitasi teman2 yang ingin kejelasan atau klarifikasi alasan ketidaklulusannya.tks.
Kamis, 12 Desember 2013 20:29:55
MULTIRIA . P . multiria89[at]yahoo[dot]com
Ass...
Yth,
Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013
Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan pada suara saya ini
Status fortofolio saya hasil akhir tidak lulus, ATDL = Nilai Gabungan. Alasan ketidaklulusan saya adalah nilai gabungan yg tdk memenuhi syarat. Berdasarkan Buku 2 Petunjuk Serdos Dikti 2013, kelulusan DYS ditentukan oleh kelulusan 4 penilaian yakni Persepsi, DD, Konsistensi Persepsi dan DD, serta Nilai Gabungan. NGB = 2(NAP)+2(NKP)+NPS+NPI+NPA:7 = >4
NAP = Kualifikasi Akademik dan Jabatan Akademik
NKP = Nilai Golongan
NPS = Nilai persepsional
NBI = Nilai Kemampuan Berbahasa Inggris (NBI)
NPA =Niilai Potensi Akademik (NPA)
Kalau berdasarkan rumus di atas, maka sudah betul saya tdk lulus NGB, karena NGB saya = 2(4)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 3,8 (tdk lulus). Saya sangat menyesal atas terlambatan saya menggugah SK Lektor saya (terbit 1 Juni 2013), saya baru menggugah sekitar 20 Oktober 2013 (PDPT Dikti) setelah data D4 keluar. Jika seandainya SK lektor saya terakomodir maka NGB = 2(5)+2(4)+6,4 (berdasarkan konfirmasi dari para penilai)+3+1:7 = 4,1 (lulus). Mungkin perlu saya jelaskan disini bahwa pemberitahuan SK Lektor saya telah terbit sekitar bulan Agustus 2013, dimana pada SK tsb terdapat kesalahan yakni status saya adalah Dosen Tidak Tetap, sehingga perlu waktu untuk mengklarifikasi & membetulkan ke Kopertis Wilayah IX. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya sangat mengharapkan adanya kebijaksanaan & pertimbangan dari Bapak/Ibu Panitia Serdos Dikti 2013 untuk meninjau kembali Ketidaklulusan saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
MULTIRIA
NIDN 0912127305
Universitas Ichsan Gorontalo (091033)
Kamis, 12 Desember 2013 20:15:54
Wahyudi . L . wahyudi6962[at]yahoo[dot]co[dot]id
Haloo, hello Poltekkes Kemenkes Semarang, sukses selalu ya..mengantarkan kami -kami ini, untuk SERDOS walau ada yang tertinggal, Temen2 yang sudah dinyatakan lulus, "Selamat" semoga menjadi suntikan penyemangat dalam berkarya. menunggu lagi, eee nunggu periode berikutnya.
Kamis, 12 Desember 2013 17:44:34
Wahyudi . L . wahyudi6962[at]yahoo[dot]co[dot]id
Haloo, hello Poltekkes Kemenkes Semarang, sukses selalu ya..mengantarkan kami -kami ini, untuk SERDOS walau ada yang tertinggal, Temen2 yang sudah dinyatakan lulus, "Selamat" semoga menjadi suntikan penyemangat dalam berkarya. menunggu lagi, eee nunggu periode berikutnya.
Kamis, 12 Desember 2013 17:42:57
PAKU KUSUMA . L . does[dot]sense[at]gmail[dot]com
Apakah tes TOEP dan TKDA kemarin mendapatkan sertifikat atau tidak? Soalnya nilai saya lumayan bagus hehehe.... Semoga ada sertifikatnya jadi bisa dibingkai untuk dipajang di ruang kerja. :)
Kamis, 12 Desember 2013 17:34:33
o.. tenang mas, nanti saya susulkan di atas gunung merapi saat meletus. Jangan sombong lainnya masih berduka.
TRI HANDOYO . Sabtu, 14 Desember 2013 13:47:28
Buat pak tri handoyo #santai aja mas bro jgn sensi bara bara bere bere salam kenal tetapsemangat
YEFFRIANSJAH SALIM . Senin, 16 Desember 2013 05:08:20
Wahyudi . L . wahyudi6962[at]yahoo[dot]co[dot]id
Ass, bapak/ ibu yang telah menilai dengan bijaksana, mohon konfirmasi tentang ketidaklulusan saya, sehingga kedepan saya dapat mengoreksi kekurangan. dan memperbaikinya.
Kamis, 12 Desember 2013 17:22:22
Wahyudi . L . wahyudi6962[at]yahoo[dot]co[dot]id
Ass, bapak/ ibu yang telah menilai dengan bijaksana, mohon konfirmasi tentang ketidaklulusan saya, sehingga kedepan saya dapat mengoreksi kekurangan. dan memperbaikinya.
Kamis, 12 Desember 2013 17:22:21
Prasko . . praskoabdullah[at]yahoo[dot]co[dot]id
Coba browsing 2 artikel dengan keyword : "7 strategi lulus sertifikasi dosen", "Menjadi guru dan dosen sejati yang hebat".
Buat temen dosen yang lulus maupun yang tidak lulus alangkah baiknya jika baca artikel yang sy sebutkan diatas semoga menemukan jawaban dan sebagai renungan untuk membangun diri dan mengemban tugas kita. Terima kasih
Kamis, 12 Desember 2013 16:09:13
EKO DIDIK WIDIANTO . L . didik[at]undip[dot]ac[dot]id
Saya tidak lulus. ATDL DD. 6 Rekan sejawat dari FT Undip juga tidak lulus dengan ATDL DD.
Saya menulis sendiri DD yang menggambarkan aktivitas saya sebagai dosen Undip, mulai dari pengajaran, penelitian dan pengabdian.
Kami tidak tahu bagian DD mana yang kurang. Kami sangat kecewa. Skor TPA: 69,8 dan TOEP: 71.
Kami